Lingkungan Belajar SMP Taruna Jaya I Surabaya (The Learning Environment for SMP Taruna Jaya I Surabaya)

Bidang Pendidikan Taruna Jaya, 07-01-2015


SMP Taruna Jaya I Surabaya bermaksud menyajikan lingkungan belajar yang hidup dan mampu menghidupi iklim akademik yang inovatif. Dalam hal ini, siswa tidak hanya diberi kesempatan untuk belajar dari guru bidang studinya, namun juga berpeluang untuk menimba pengetahuan secara langsung dari para "guru" kehidupan yang ada pada setiap KTS Mata Ajar. Pada beberapa pelajaran yang diikuti, siswa sengaja diperkenalkan dengan dunia nyata, dan didorong untuk mampu memadukan dan menyerap pengetahuan yang ada.

Lingkungan Belajar Siswa

SMP Taruna Jaya I Surabaya akan berusaha untuk menyediakan lingkungan belajar yang berperan sebagai tempat terbaik dan ideal bagi para siswa untuk memperoleh segala varian ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan cita-cita pembangunan berkelanjutan. Dengan demikian, SMP Taruna Jaya I Surabaya bertanggung jawab untuk menciptakan kondisi yang terbaik bagi para siswa, guna mencari dan menyediakan tempat pembelajaran dan penyadaran, sehingga di kemudian hari dapat turut bertanggung jawab dan berkontribusi dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Lingkungan Belajar

Jadi dalam hal ini, lingkungan belajar tidak hanya berbicara tentang meja, papan tulis, bangku, dan ukuran ruang, namun melompat tinggi untuk berusaha menciptakan ruang belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi para siswa. Sejalan dengan konsep pendidikan berbasis lingkungan yang hendak dijalankan, SMP Taruna Jaya I membuka lingkungan belajar yang memiliki rasa keterbukaan untuk berubah, serta berusaha untuk mengembangkan model yang sesuai bagi siswa. Lingkungan belajar yang dikembangkan, berusaha untuk mendorong para pendidik dan tenaga kependidikan agar dapat:

  1. Menunjukkan sensitifitas dan kepedulian kepada para siswa dalam setiap aspek relasi pendidikan dan pengajaran
  2. Memahami perkembangan fisik, emosional, intelektual, dan moral siswa
  3. Merencanakan proses belajar mengajar yang dapat memfasilitasi proses perkembangan siswa
  4. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dengan menggunakan berbagai teknik instruksional yang adaptif dengan pola belajar dari masing-masing siswa
  5. Memfasilitasi pertumbuhan pribadi siswa melalui prosedur instruksional dan inovasi 
  6. Bekerja sama dengan guru lain, tenaga kependidikan, orang tua, pimpinan sekolah, yayasan, dan kelompok masyarakat yang ada
  7. Mengajarkan keterampilan komunikasi, seperti: membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara sebagai bagian integral dari instruksi mata pelajaran 
  8. Memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjadi inovatif dan mandiri
  9. Mempertahankan kontrol terhadap lingkungan belajar yang sesuai dengan jenis pembelajaran yang dilakukan
  10. Mengatasi permasalahan yang muncul secara tidak terduga, secara efektif 
  11. Mengembangkan setiap dimensi mata pelajaran yang diberikan kepada para siswa
  12. Melakukan komparasi dengan sekolah atau pihak lain, terkait dengan mata pelajaran yang diberikan
  13. Berpikir konstruktif dan bersedia untuk turut berpartisipasi dalam setiap implementasi terhadap perencanaan, evaluasi, revisi, dan pengembangan kurikulum
  14. Menyusun evaluasi, identifikasi, dan pelaporan yang dapat digunakan sebagai instrumen untuk meningkatkan konsep diri 
  15. Membantu sekolah untuk dapat membuat lingkungan sekolah, kurikulum, dan prosedur instruksional yang ada, sebagai media pembelajaran yang ramah dan bersahabat bagi para siswa, sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, dan emosi mereka

==========================================================================================================================

SMP Taruna Jaya I Surabaya intends to provide a lively learning environment capable of supporting an innovative academic climate. In this case, students are not only given the opportunity to learn from the teacher in their field of study, but also the opportunity to gain knowledge directly from the "teachers" of life that exist in each KTS Teaching Subject. In the several lessons that are followed, students are deliberately introduced to the real world, and are encouraged to be able to integrate and absorb existing knowledge.

SMP Taruna Jaya I Surabaya will try to provide a learning environment that acts as the best and ideal place for students to acquire all kinds of knowledge and various norms and ethics that can become the basis for creating well-being and the ideals of sustainable development. Thus, SMP Taruna Jaya I Surabaya is responsible for creating the best conditions for students, in order to find and provide a place for learning and awareness, so that in the future they can take responsibility and contribute to efforts to save the environment and sustainable development.

So in this case, the learning environment does not only talk about desks, blackboards, benches, and the size of the room, but jumps high to try to create a comfortable and enjoyable learning space for students. In line with the concept of environment-based education that is to be carried out, SMP Taruna Jaya I opens a learning environment that has a sense of openness to change, and strives to develop a model that is suitable for students. The developed learning environment seeks to encourage educators and educational staff to be able to:

1. Demonstrate sensitivity and concern for students in every aspect of the educational and teaching relationship
2. Understanding the physical, emotional, intellectual, and moral development of students
3. Planning a teaching and learning process that can facilitate the process of student development
4. Creating a conducive learning environment, using a variety of instructional techniques that are adaptive to the learning patterns of each student
5. Facilitate students' personal growth through instructional procedures and innovations
6. Collaborate with other teachers, education staff, parents, school leaders, foundations and existing community groups
7. Teaches communication skills, such as: reading, listening, writing, and speaking as an integral part of subject instruction
8. Provide opportunities for students to be innovative and independent
9. Maintaining control of the learning environment in accordance with the type of learning being carried out
10. Overcoming problems that arise unexpectedly, Effectively
11. Develop every dimension of the subject given to students
12. Make comparisons with schools or other parties, related to the subjects given
13. Think constructively and be willing to participate in every implementation of curriculum planning, evaluation, revision and development
14. Develop evaluation, identification, and reporting that can be used as instruments to improve self-concept
15. Helping schools to be able to create a school environment, curriculum and existing instructional procedures, as a welcoming and friendly learning medium for students, according to their physical, mental and emotional needs