OPINI

Games “Guess the Picture” Media Pembelajaran untuk Materi Descriptive Text

Apakah Bapak dan Ibu mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi bahasa inggris? Khususnya materi Descriptive text sebagai salah satu materi yang sangat penting diajarkan karena mempunyai fungsi yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini yang membuat saya sebagai guru Bahasa Inggris harus menemukan strategi dan media pembelajaran yang tepat bagi siswa. Diera yang sangat innovative ini banyak strategi pembelajaran yang digunakan untuk materi descriptive text,  akan tetapi salah satu strategi yang sangat sederhana dan efektif adalah menggunakan media pembelajaran Guess the Picture. 

Media pembelajaran yang saya gunakan kali ini berfokus pada gambar dengan teknik “guess” atau menebak gambar. Sebelumnya, saya menyediakan beberapa gambar yang akan dijelaskan oleh siswa. Setelah itu, siswa harus menebak gambar tersebut dengan benar. Untuk siswa yang lain bisa menebak sekaligus menulis gambar tersebut. Tentunya gambar tersebut harus bisa menarik perhatian siswa seperti, contohnya : seseorang yang terkenal dan didukung oleh kualitas gambar yang bagus agar siswa lebih tertarik dalam pembelajaran ini. Dengan teknik ini “receptive skills” yang diperoleh siswa ada 2 sekaligus yaitu kemampuan menulis (Writing) dan kemampuan berbicara (Speaking) 

Hasil dalam penggunaan media pembelajaran di kelas saya?

Ternyata antusias siswa meningkat dengan adannya media pembelajaran yang sangat menarik ini. Selain itu siswa juga sangat bersemangat untuk mengambil gambar selanjutnya untuk ditebak lagi. Strategi dan media ini membuat siswa berfikir lebih luas dan tidak terbatas. Dengan melihat hasil antusias siswa dalam mempelajari Descriptive text dengan media dan strategi pembelajaran “Guess the Picture” mampu menghilangkan rasa bosan yang sering dialami siswa dan media ini masih bisa dikembangkan agar lebih berinovasi lagi nantinya. 

Semoga media pembelajaran ini bisa menjadi inspirasi Bapak dan Ibu guru untuk menciptakan media pembelajaran Bahasa Inggris yang creative dan innovative.

 

Syamsiar Risalati S.Pd 

Guru Bahasa Inggris 

Tim Redaksi (TW), 29-04-2021

  1. Siasati Masa Pandemi, Gelar Aneka Lomba Daring
  2. Pendidikan Karakter Lewat Kegiatan Jumat Berkah
  3. Bangun Budaya Literasi, Coba Optimalkan Peran Perpustakaan
  4. Jumat Berkah, SMP Taruna Jaya Berbagi Nasi Kotak
  5. Meraih Impian Masuk SMA dan SMK Negeri dengan Prestasi Lomba
  6. Asesmen berbasis Kompetensi pada Ujian Praktik Daring Tahun Ajaran 2020-2021
  7. Berbagi Kebaikan dalam Jumat Berkah
  8. Rizky Amelya, Peraih Nilai AKM Tertinggi di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya Mendapat Penghargaan dari MKKS Surabaya Utara
  9. Tingkatkan Kompetensi Guru dalam Teknologi E-Learning dengan Pelatihan Microsoft 365
  10. Sosialisasi Penggunaan Microsoft 365 Untuk Pembelajaran Daring di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya
  1. Tidak Ada Yang Tidak Mungkin, Selama Kita Mencoba dan Berusaha
  2. Pameran Karya Virtual dengan Google Sites
  3. Belajar Dasar-Dasar Teknologi Kapal Laut dan Kapal Selam di Sains
  4. Games “Guess the Picture” Media Pembelajaran untuk Materi Descriptive Text
  5. Pegunungan Ditinjau dari Sains dan Al Quran
  6. Ramadhan 1442 H Penuh Berkah
  7. Shining Ramadhan
  8. Pocket Code dan Pocket Paint sebagai Media Belajar di Kelas Quantum
  9. Filosofi Semanggi dan Ilmu
  10. Mewaspadai Varian Baru Corona B117 dan D-dimer Pembekuan Darah Pasien COVID-19
  1. Jadwal PAT Kelas 7 dan 8 Tapel 2020-2021
  2. Lowongan Guru Bahasa Indonesia
  3. Jadwal Ujian Sekolah Daring, Tapel 2020-2021
  4. Lowongan Guru Bahasa Inggris
  5. Lowongan Tenaga Security dan Tenaga Kebersihan