OPINI

Shining Ramadhan

Ramadhan tlah tiba...Ramadhan tlah tiba...Hore...Hore...

Ramadhan sebentar lagi tiba, 

Alhamdulillah, Maa sya Allah, tinggal menghitung hari, tak terasa Ramadhan Karim nan Agung sudah didepan mata, bulan mulia yg penuh ampunan, berkah dan rahmat. Setahun lebih kita berada pada masa pandemi.  Bulan Ramadhan kali ini, bulan ramadhan ke dua selama pandemi, namun demikian tetaplah istemewa dan amazing. Sebelumnya, jangan lupa saling memaafkan dengan orang terdekat sebelum hari itu tiba.  Dan, tentunya biar kelak di akhir Ramadhan nanti kita bisa menjadi insan bertaqwa. Biar Ramadhan kita tambah amazing apa saja yang harus kita siapkan?

1. Niat yang lurus dan kuat.

Ingat sabda Rasulullah saw: Man sauma romadona imanan wahtisaban gufirolahu minjambih. Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadan dan mengharap ridho Allah maka akan diampuni dosanya yang telah lalu. Allah menginginkan kita jadi hamba yang bertakwa. 

2. Persiapan fisik

Pertama, Makan makanan yang bergizi. Penuhi nutrisimu dengan makanan yang bergizi dan toyyibah. Saat berbuka puasa jangan langsung makan banyak. Awali berbuka dengan yang manis, misalnya kurma. 

Kedua, Penuhi cairan tubuhmu. Meminum yang hangat saat berbuka sangat bagus. Minum air hangat dapat merangsang aliran darah menuju usus, mencegah konstipasi, hingga mengaktifkan sistem pencernaan. Minum es tidak dianjurkan karena mengonsumsi minuman dingin setelah seharian penuh tidak minum dan makan apapun justru akan membuat lambung bekerja dengan lebih lambat. Penuhi kebutuhan cairan tubuhmu dengan mengonsumsi air mineral dengan pola minum 242. Artinya, minum dua gelas air mineral saat waktu berbuka puasa, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur malam hari, dan 2 gelas lagi saat sahur. (https://www.sehataqua.co.id).

Ketiga, Istirahat yang cukup. Kurang tidur mempengaruhi kinerja otak  dan dapat menyebabkan sejumlah penyakit dalam jangka panjang.

Keempat, Jangan lupa sahur.  Walaupun sahur  terkadang ada rasa malas untuk bangun ternyata itu pahalanya besar lho. Semoga tahun ini tambah semangat ya. Dalam HR.Ibnu Asakir dikatakan : Makan sahurlah kalian walau hanya seteguk air.Keempat, olahraga. Berolahraga bisa membuat tubuh kita bugar dan menjaga imunitas tubuh kita.

3. Persiapan spiritual.

Pertama, rajin ikut kajian islam. Jangan rebahan saja dan tidur, apalagi bergosip. Ikutlah kajian islam biar ilmu kita bertambah dan seiring itu ketaatan juga meningkat. Sekalian ajak saudara dan teman-teman kita. Kita bisa seru-seruan rame-rame dengan mereka dalam majlis ilmu alias kata Rasulullah disebut sebagai taman-taman Surga. 

Kedua, Baca Al Quran. Minimal 1 day 1 juz. Salah satu keutamaan membaca Al Quran dalam HR. Ahmad , Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah bersabda : Bacalah Al-Quran. Sebab, ia akan datang memberikan syafaat pada hari Kiamat kepada pemilik (pembaca, pengamal)-nya.

Ketiga, tunaikan zakat. Baik zakat fitrah ataupun zakat mal (ketika sudah mencapai nishab). Keempat, tambahlah ibadah sunnah. Ibadah sunnah pada bulan ramadhan akan mendapatkan pahala seperti kita melakukan amalam wajib. Contoh, rajin berinfaq, sholat sunnah dan lain sebainya.

Sebetulnya masih banyak yang bisa kita persiapkan seputar persiapan menyambut ramadhan.  Semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Yang pasti semangat sambut Ramadan yang penuh Barokah. Selamat berburu limpahan pahala dari Nya. Semoga Allah SWT berikan kemudahan dan kebarokahan. Aamiin Yaa mujibassaailiin.


Tatik Widowati, S.Si

Guru Sains

Tim Redaksi (TW), 06-04-2021

  1. Siasati Masa Pandemi, Gelar Aneka Lomba Daring
  2. Pendidikan Karakter Lewat Kegiatan Jumat Berkah
  3. Bangun Budaya Literasi, Coba Optimalkan Peran Perpustakaan
  4. Jumat Berkah, SMP Taruna Jaya Berbagi Nasi Kotak
  5. Berbagi Kebaikan dalam Jumat Berkah
  6. Rizky Amelya, Peraih Nilai AKM Tertinggi di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya Mendapat Penghargaan dari MKKS Surabaya Utara
  7. Asesmen berbasis Kompetensi pada Ujian Praktik Daring Tahun Ajaran 2020-2021
  8. Tingkatkan Kompetensi Guru dalam Teknologi E-Learning dengan Pelatihan Microsoft 365
  9. Sosialisasi Penggunaan Microsoft 365 Untuk Pembelajaran Daring di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya
  10. Menjalin dan Menjaga Silahturrahmi Lewat Jumat Berkah
  1. Games “Guess the Picture” Media Pembelajaran untuk Materi Descriptive Text
  2. Pegunungan Ditinjau dari Sains dan Al Quran
  3. Ramadhan 1442 H Penuh Berkah
  4. Shining Ramadhan
  5. Pocket Code dan Pocket Paint sebagai Media Belajar di Kelas Quantum
  6. Filosofi Semanggi dan Ilmu
  7. Mewaspadai Varian Baru Corona B117 dan D-dimer Pembekuan Darah Pasien COVID-19
  8. Gaess, Semangat Yuk, Sambut Ujian PTS dan PAS
  9. Games “Treasure Hunt” untuk Pembelajaran Kalimat dan Pemahaman Bahasa Inggris
  10. Wahai Guru dan Orang Tua, Yuk, Belajar dari Imam Syafii dalam Mengajar Siswanya
  1. Lowongan Guru Bahasa Inggris
  2. Lowongan Tenaga Security dan Tenaga Kebersihan
  3. Lowongan Guru Baru
  4. lowongan guru baru 2020
  5. PPDB Online SMP Taruna Jaya I