OPINI

Gaess, Semangat Yuk, Sambut Ujian PTS dan PAS

Haloo Semuaaanyaaa....

Kenalin nihh Bu Mutiaaa di sini..

Udahh kenal dengan Bu Mutia kah?

Gimana sekolah kalian? materi apa saja yang sudah kalian dapat sejak sekolah online ini...

Apakah sudah mulai bosen dengan sekolah online ini?

Aktivitas apa saja yang sudah kalian kerjakan selama sekolah online ini?

Berjemur, sekolah online, tahfidz ke sekolah setiap munggu, dan  masih banyak lagi...

Udah kangen sekolah?

Udah kangen Bapak/Ibu guru?

Udah kangen temen sekelas?

Udah kangen temen sesekolah nya?

Eitss...

Jangan bosen-bosen dong untuk sekolah online ini.. Semoga pandemi ini segera berakhir yaa gaesss...Kali ini aku kasih tips nih untuk semangat belajar untuk persiapan ujian PTS/PAS atau ujian-ujian lainnya.

YUKK INTIP TIPS NYAA...

1. Membuat jadwal belajar

Biasanya ketika musim PTS/PAS akan tiba, pihak sekolah akan memberitahukan beberapa hari bahkan minggu sebelumnya. Nah, persiapan PTS/PAS selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mulai mencicil dan membuat jadwal belajar. Dengan demikian, kamu akan punya waktu lebih banyak untuk mempelajari semua materi ujian dengan detail. Kamu juga akan mengingat materi lebih lama, jika kamu benar-benar fokus dan mengulangnya beberapa kali. Jadi dengan jadwal ini kamu punya cukup waktu untuk membaca ulang mata pelajaran yang diujikan dan lebih sering mengerjakan latihan soal.

2. Mengatur pola tidur dan menjaga kesehatan

Bukan hal baru kalau melihat ada siswa/siswi yang belajar sampai larut malam demi mengulang materi pelajaran. Udah diingatkan orang tua untuk tidur, tapi tetap ngeyel dan baru tidur ketika udah memasuki waktu tengah malam. Itu tidak baik ya. Meski kamu sangat bersemangat untuk memahami pelajaran, kamu tetap harus tahu kapan waktu untuk istirahat.Kalau kamu terus memaksakan diri untuk terjaga sampai larut malam dan kamu justru jatuh sakit, kamu nggak akan maksimal saat mengerjakan ujian nanti. Nah, malah jadi sia-sia kan? Makanya, atur pola tidur dan jaga kesehatan ya. Jangan lupa makan yang berjizi ya, berjizi itu gak harus mahal lho... 

3. Perbanyak latihan soal dan membaca ulang mata pelajaran

Latihan, latihan, latihan. Pernah nggak kamu merasa capek karena dikasih latihan soal secara terus menerus oleh Bapak/Ibu gurumu? itu tandanya mereka peduli dengan dan mau kamu untuk benar-benar menguasai materi ujian secara keseluruhan. Latihan soal itu penting, karena dapat meningkatkan kemampuan kamu untuk menjawab berbagai jenis soal yang kemungkinan akan diujikan. Tak kalah pentingnya adalah membaca ulang pelajaran. Itu akan membantumu untuk mengingat materi pelajaran. 

4. Menggunakan banyak pengingat dan membuat motivasi sendiri

Biasanya niat belajar hanya kuat di awal, tapi dalam pelaksanaannya sering keteteran. Ayo, siapa nih di antara kalian yang sering mengalaminya? Kalau kamu sudah membuat jadwal belajar, yang perlu kamu lakukan adalah melaksanakannya dengan disiplin, ya. Bukan hanya perlu jadwal belajar, tapi kamu juga memerlukan pengingat untuk melaksanakannya.Banyak lho caranya. Dari mulai  meminta orangtua dengan tegas mengingatkan ketika kamu sudah terlalu banyak waktu main, menggunakan alarm di handphone, menggunakan fitur yang banyak tersedia di online, membuat catatan di buku yang selalu kamu bawa, atau membuat papan pengingat di dalam kamar. Kamu juga bisa membuat reward yang bikin kamu termotivasi untuk belajar. Misalnya, setelah kamu belajar selama satu jam, kamu akan menghadiahi diri ice cream, waktu istirahat, coklat, makan enak dan masih banyak lagi.

5. Jauhi gagap teknologi

Namanya juga serba online pastinya dilaksanakan dengan menggunakan komputer/laptop/HP. Makanya, kamu mesti terbiasa dengan banyak aplikasi. Jangan sampai waktu ujian habis untuk ngoprek komputer/lapyop/HP karena gagap.

6. Niatkan untuk ibadah

Ujian adalah bagian dari proses menuntut ilmu. Biar kita dapat  keberkahan ilmu, maka kita niatkan karena Allah. Bukan diniatkan dapat nilai bagus biar banjir pujian dan penghargaan, tapi murni untuk dapetin ridho Allah dengan memberikan usaha yang maksimal dan jujur, gak nyontek ya... Karena di hadapan Allah swt, prosesnya yang dinilai bukan hasilnya. Terlebih lagi, kecurangan kita saat ujian bakal memberatkan kita di hari penghisaban nanti. Jangan lupa doa yang selalu kita ucapkan sebelum belajar dan ujian. Masih ingat kan? 

Gaess, tetap semangat ya, jalanin proses pembelajaran di sekolah dimasa pandemi yang serba online ini. Ujian itu, salah satu tantangan menuntut ilmu yang musti kita hadapi. Jangan mundur ya.. Apalagi kabur...Eanggak lah ya... So, hadapi ujian ini dengan semangat. Karena dibaliknya, akan ada kebaikan untuk pengembangan diri dan menguatkan mental kita. Ashiaaap...!

Nah, itulah beberapa tips persiapan PTS/PAS atau ujian-ujian lainnya  yang bisa Bu Mutia berikan. Dengan amunisi yang tepat, niat yang kuat untuk disiplin belajar plus doa, kalian tidak perlu khawatir lagi nih menyambut musim ujian. Ujian pun akan terlewati dengan lancar! Semangat, ya!

Mutia Azizah, S.Pd

Guru BK

Tim Redaksi (TW), 08-03-2021

  1. Siasati Masa Pandemi, Gelar Aneka Lomba Daring
  2. Pendidikan Karakter Lewat Kegiatan Jumat Berkah
  3. Bangun Budaya Literasi, Coba Optimalkan Peran Perpustakaan
  4. Jumat Berkah, SMP Taruna Jaya Berbagi Nasi Kotak
  5. Berbagi Kebaikan dalam Jumat Berkah
  6. Rizky Amelya, Peraih Nilai AKM Tertinggi di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya Mendapat Penghargaan dari MKKS Surabaya Utara
  7. Asesmen berbasis Kompetensi pada Ujian Praktik Daring Tahun Ajaran 2020-2021
  8. Tingkatkan Kompetensi Guru dalam Teknologi E-Learning dengan Pelatihan Microsoft 365
  9. Sosialisasi Penggunaan Microsoft 365 Untuk Pembelajaran Daring di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya
  10. Menjalin dan Menjaga Silahturrahmi Lewat Jumat Berkah
  1. Games “Guess the Picture” Media Pembelajaran untuk Materi Descriptive Text
  2. Pegunungan Ditinjau dari Sains dan Al Quran
  3. Ramadhan 1442 H Penuh Berkah
  4. Shining Ramadhan
  5. Pocket Code dan Pocket Paint sebagai Media Belajar di Kelas Quantum
  6. Filosofi Semanggi dan Ilmu
  7. Mewaspadai Varian Baru Corona B117 dan D-dimer Pembekuan Darah Pasien COVID-19
  8. Gaess, Semangat Yuk, Sambut Ujian PTS dan PAS
  9. Games “Treasure Hunt” untuk Pembelajaran Kalimat dan Pemahaman Bahasa Inggris
  10. Wahai Guru dan Orang Tua, Yuk, Belajar dari Imam Syafii dalam Mengajar Siswanya
  1. Lowongan Guru Bahasa Inggris
  2. Lowongan Tenaga Security dan Tenaga Kebersihan
  3. Lowongan Guru Baru
  4. lowongan guru baru 2020
  5. PPDB Online SMP Taruna Jaya I