INFORMASI

Pengembangan potensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Yayasan Pendidikan Taruna Jaya Surabaya, 07-01-2015

Pada dasarnya pengembangan SDM merupakan upaya pengejaran terhadap improvisasi kinerja dan peningkatan kapasitas pegawai, guna menghadapi tantangan dan perubahan. Dalam hal ini, diperlukan pembaharuan dan regenerasi potensi dan usaha-usaha yang ada di dalam diri pegawai, untuk dihadapkan pada dimensi yang berbeda. Selain itu, aktivitas pengembangan SDM juga digerakkan untuk tujuan pembelajaran dan peningkatan kompetensi pegawai. Namun demikian, usaha pengembangan SDM tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan kualitas pegawai saja, melainkan juga ditujukan untuk meraih peningkatan kualitas hidup secara umum.

sdm

Berdasarkan prinsip dasar tersebut, pelaksanaan program kerja pengembangan SDM dapat meliputi:

  1. Indentifikasi arti penting pekerjaan dan makna hidup bagi seorang pegawai
  2. Peningkatan pemahaman tentang kepemimpinan kolaboratif yang dibutuhkan bagi keberlangsungan organisasi sekolah
  3. Promosi keteguhan, sehubungan dengan nilai-nilai luhur, etika dan moral yang dianut berdasarkan agama dan budaya masyarakat setempat, serta adanya upaya pemahaman terhadap visi, misi, tujuan dan nilai-nilai yang akan dikembangkan oleh organisasi sekolah.

Pengembangan potensi tenaga kependidikan dan kepegawaian secara umum, diarahkan untuk:

  1. Memiliki pandangan diri yang positif, dan bersedia untuk mengembangkan kemampuan diri
  2. Memiliki rasa keterbukaan untuk berubah. Memiliki integritas, bertanggung jawab saat melakukan sebuah kesalahan, dan memiliki kedewasaan emosional.
  3. Memiliki penghormatan terhadap keunikan, martabat dan nilai pada setiap individu.
  4. Memiliki kesediaan untuk bekerja sama dengan orang lain, demi memperjuangkan tujuan bersama.
  5. Memiliki komitmen dan bersedia mencurahkan waktu dan perhatian terhadap siswa.
  6. Memiliki komitmen terhadap pengembangan pendidikan. Bersedia mengembangkan pengetahuan dan pelatihan untuk menjadi model yang sesuai bagi siswa.

Sementara pengembangan potensi guru SMP Taruna Jaya I dilaksanakan, agar:

  1. Dalam setiap aspek hubungan pendidikan dan pengajaran, mampu menunjukkan sensitifitas dan kepedulian kepada siswa.
  2. Mampu memahami perkembangan fisik, emosional, intelektual, dan moral siswa, serta mampu merencanakan proses belajar mengajar yang dapat memfasilitasi proses perkembangan tersebut.
  3. Mampu menciptakan lingkungan kelas belajar yang kondusif, dengan menggunakan berbagai teknik instruksional, serta memodifikasi kurikulum agar sanggup untuk beradaptasi dengan pola belajar dari masing-masing siswa.
  4. Mampu untuk memfasilitasi pertumbuhan pribadi siswa melalui prosedur instruksional, inovasi terhadap isi kurikulum, serta melalui hubungan pribadi dengan para siswa.
  5. Mampu untuk bekerja sama dengan guru lain, tenaga kependidikan, orang tua, pimpinan sekolah, yayasan, dan kelompok masyarakat.
  6. Mampu mengajarkan keterampilan komunikasi, seperti: membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara sebagai bagian integral dari instruksi dalam mata pelajaran yang diampu.
  7. Mampu memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjadi inovatif dan mandiri.
  8. Mampu mempertahankan kontrol terhadap kelas yang sesuai dengan jenis pembelajaran yang dilakukan, serta mampu mengatasi hubungan secara efektif terhadap permasalahan yang muncul secara tidak terduga
  9. Mampu mengembangkan secara luas, meningkat dan mendalam, pada setiap dimensi mata pelajaran yang diampu. Selain itu, juga mampu melakukan komparasi dengan sekolah lain, terkait dengan mata pelajaran sejenis.
  10. Mampu berpikir konstruktif dan bersedia untuk turut berpartisipasi dalam setiap implementasi terhadap perencanaan, evaluasi, revisi, dan pengembangan kurikulum.
  11. Mampu menyusun evaluasi, identifikasi, dan pelaporan yang dapat digunakan sebagai instrumen untuk meningkatkan konsep diri
  12. Mampu membantu sekolah untuk dapat membuat ruang kelas dan lingkungan sekolah, kurikulum, dan prosedur instruksional yang ada, sebagai media belajar yang ramah dan bersahabat bagi para siswa, sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, dan emosi.

Berikut antara lain produk ketentuan Yayasan Pendidikan Taruna Jaya Surabaya, terkait dengan urusan manajamen dan pengembangan SDM:

  1. Pedoman Peraturan Kepegawaian pada SMP Taruna Jaya I Surabaya
  2. Pedoman Pembinaan Pegawai Yayasan pada SMP Taruna Jaya I Surabaya

  1. Siasati Masa Pandemi, Gelar Aneka Lomba Daring
  2. Pendidikan Karakter Lewat Kegiatan Jumat Berkah
  3. Bangun Budaya Literasi, Coba Optimalkan Peran Perpustakaan
  4. Meraih Impian Masuk SMA dan SMK Negeri dengan Prestasi Lomba
  5. Jumat Berkah, SMP Taruna Jaya Berbagi Nasi Kotak
  6. Asesmen berbasis Kompetensi pada Ujian Praktik Daring Tahun Ajaran 2020-2021
  7. Berbagi Kebaikan dalam Jumat Berkah
  8. Rizky Amelya, Peraih Nilai AKM Tertinggi di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya Mendapat Penghargaan dari MKKS Surabaya Utara
  9. Tingkatkan Kompetensi Guru dalam Teknologi E-Learning dengan Pelatihan Microsoft 365
  10. Sosialisasi Penggunaan Microsoft 365 Untuk Pembelajaran Daring di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya
  1. Tidak Ada Yang Tidak Mungkin, Selama Kita Mencoba dan Berusaha
  2. Pameran Karya Virtual dengan Google Sites
  3. Belajar Dasar-Dasar Teknologi Kapal Laut dan Kapal Selam di Sains
  4. Games “Guess the Picture” Media Pembelajaran untuk Materi Descriptive Text
  5. Pegunungan Ditinjau dari Sains dan Al Quran
  6. Ramadhan 1442 H Penuh Berkah
  7. Shining Ramadhan
  8. Pocket Code dan Pocket Paint sebagai Media Belajar di Kelas Quantum
  9. Filosofi Semanggi dan Ilmu
  10. Mewaspadai Varian Baru Corona B117 dan D-dimer Pembekuan Darah Pasien COVID-19
  1. Jadwal PAT Kelas 7 dan 8 Tapel 2020-2021
  2. Lowongan Guru Bahasa Indonesia
  3. Jadwal Ujian Sekolah Daring, Tapel 2020-2021
  4. Lowongan Guru Bahasa Inggris
  5. Lowongan Tenaga Security dan Tenaga Kebersihan