INFORMASI

Lingkungan Belajar SMP Taruna Jaya I Surabaya

Bidang Pendidikan Taruna Jaya, 07-01-2015

SMP Taruna Jaya I Surabaya bermaksud menyajikan lingkungan belajar yang hidup dan mampu menghidupi iklim akademik yang inovatif. Dalam hal ini, siswa tidak hanya diberi kesempatan untuk belajar dari guru bidang studinya, namun juga berpeluang untuk menimba pengetahuan secara langsung dari para "guru" kehidupan yang ada pada setiap KTS Mata Ajar. Pada beberapa pelajaran yang diikuti, siswa sengaja diperkenalkan dengan dunia nyata, dan didorong untuk mampu memadukan dan menyerap pengetahuan yang ada.

Lingkungan Belajar Siswa

SMP Taruna Jaya I Surabaya akan berusaha untuk menyediakan lingkungan belajar yang berperan sebagai tempat terbaik dan ideal bagi para siswa untuk memperoleh segala varian ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar menuju terciptanya kesejahteraan hidup dan cita-cita pembangunan berkelanjutan. Dengan demikian, SMP Taruna Jaya I Surabaya bertanggung jawab untuk menciptakan kondisi yang terbaik bagi para siswa, guna mencari dan menyediakan tempat pembelajaran dan penyadaran, sehingga di kemudian hari dapat turut bertanggung jawab dan berkontribusi dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan dan pembangunan berkelanjutan.

Lingkungan Belajar

Jadi dalam hal ini, lingkungan belajar tidak hanya berbicara tentang meja, papan tulis, bangku, dan ukuran ruang, namun melompat tinggi untuk berusaha menciptakan ruang belajar yang nyaman dan menyenangkan bagi para siswa. Sejalan dengan konsep pendidikan berbasis lingkungan yang hendak dijalankan, SMP Taruna Jaya I membuka lingkungan belajar yang memiliki rasa keterbukaan untuk berubah, serta berusaha untuk mengembangkan model yang sesuai bagi siswa. Lingkungan belajar yang dikembangkan, berusaha untuk mendorong para pendidik dan tenaga kependidikan agar dapat:

  1. Menunjukkan sensitifitas dan kepedulian kepada para siswa dalam setiap aspek relasi pendidikan dan pengajaran
  2. Memahami perkembangan fisik, emosional, intelektual, dan moral siswa
  3. Merencanakan proses belajar mengajar yang dapat memfasilitasi proses perkembangan siswa
  4. Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, dengan menggunakan berbagai teknik instruksional yang adaptif dengan pola belajar dari masing-masing siswa
  5. Memfasilitasi pertumbuhan pribadi siswa melalui prosedur instruksional dan inovasi 
  6. Bekerja sama dengan guru lain, tenaga kependidikan, orang tua, pimpinan sekolah, yayasan, dan kelompok masyarakat yang ada
  7. Mengajarkan keterampilan komunikasi, seperti: membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara sebagai bagian integral dari instruksi mata pelajaran 
  8. Memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjadi inovatif dan mandiri
  9. Mempertahankan kontrol terhadap lingkungan belajar yang sesuai dengan jenis pembelajaran yang dilakukan
  10. Mengatasi permasalahan yang muncul secara tidak terduga, secara efektif 
  11. Mengembangkan setiap dimensi mata pelajaran yang diberikan kepada para siswa
  12. Melakukan komparasi dengan sekolah atau pihak lain, terkait dengan mata pelajaran yang diberikan
  13. Berpikir konstruktif dan bersedia untuk turut berpartisipasi dalam setiap implementasi terhadap perencanaan, evaluasi, revisi, dan pengembangan kurikulum
  14. Menyusun evaluasi, identifikasi, dan pelaporan yang dapat digunakan sebagai instrumen untuk meningkatkan konsep diri 
  15. Membantu sekolah untuk dapat membuat lingkungan sekolah, kurikulum, dan prosedur instruksional yang ada, sebagai media pembelajaran yang ramah dan bersahabat bagi para siswa, sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, dan emosi mereka

  1. Siasati Masa Pandemi, Gelar Aneka Lomba Daring
  2. Pendidikan Karakter Lewat Kegiatan Jumat Berkah
  3. Bangun Budaya Literasi, Coba Optimalkan Peran Perpustakaan
  4. Jumat Berkah, SMP Taruna Jaya Berbagi Nasi Kotak
  5. Berbagi Kebaikan dalam Jumat Berkah
  6. Rizky Amelya, Peraih Nilai AKM Tertinggi di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya Mendapat Penghargaan dari MKKS Surabaya Utara
  7. Asesmen berbasis Kompetensi pada Ujian Praktik Daring Tahun Ajaran 2020-2021
  8. Tingkatkan Kompetensi Guru dalam Teknologi E-Learning dengan Pelatihan Microsoft 365
  9. Sosialisasi Penggunaan Microsoft 365 Untuk Pembelajaran Daring di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya
  10. Menjalin dan Menjaga Silahturrahmi Lewat Jumat Berkah
  1. Games “Guess the Picture” Media Pembelajaran untuk Materi Descriptive Text
  2. Pegunungan Ditinjau dari Sains dan Al Quran
  3. Ramadhan 1442 H Penuh Berkah
  4. Shining Ramadhan
  5. Pocket Code dan Pocket Paint sebagai Media Belajar di Kelas Quantum
  6. Filosofi Semanggi dan Ilmu
  7. Mewaspadai Varian Baru Corona B117 dan D-dimer Pembekuan Darah Pasien COVID-19
  8. Gaess, Semangat Yuk, Sambut Ujian PTS dan PAS
  9. Games “Treasure Hunt” untuk Pembelajaran Kalimat dan Pemahaman Bahasa Inggris
  10. Wahai Guru dan Orang Tua, Yuk, Belajar dari Imam Syafii dalam Mengajar Siswanya
  1. Lowongan Guru Bahasa Inggris
  2. Lowongan Tenaga Security dan Tenaga Kebersihan
  3. Lowongan Guru Baru
  4. lowongan guru baru 2020
  5. PPDB Online SMP Taruna Jaya I