SURAT PEMBACA

11-08-2016 04:12

Sekolah Full Day

Liman Hartanto

Email : seloarto@gmail.com | IP. 210.57.215.198

Saya mau bertanya, apakah sekolah adiwiyata memang harus full day? Mohon jawaban. trims

Jawab :

Terima kasih atas kunjungan ke laman sekolah kami. Kami tidak menyebut SMP Taruna Jaya sebagai sekolah adiwiyata. Kami menyebut diri kami sebagai sekolah yang mengusung konsep environmental education. Kami meletakkan pendidikan berbasis lingkungan sebagai landasan konseptual dalam menggelar proses belajar mengajar.

Sehubungan dengan full day school yang saat ini marak dibicarakan. Seperti yg disampaikan oleh menteri pendidikan yang baru, tentu akan melahirkan pro dan kontra. Kami pernah menyampaikan topik ini, ketika mengomentari celetukan tentang,"Boring teacher with boring things!” Dimana, para siswa mulai menyukai program FDS, karena diantaranya, mereka tidak lantas menambah jam belajarnya di kelas. 

Menurut kami, environmental education (EE) tidak lantas harus full day school (FDS). Seperti halnya sekolah kami, yang baru semester ini coba menerapkan konsep FDS. FDS kami coba, meski tidak dikarenakan oleh keberadaan konsep EE. Sebelumnya, kami tetap dapat melaksanakan konsep EE, dengan melakukan kreasi di sana sini, termasuk dengan mengadakan After School Programs (ASP) sebagai penopang program. Tahun ajaran ini kami mulai menerapkan moving class, sehingga dengan pertimbangan yang lain, menerapkan apa yang semisal dengan FDS ini. Hal ini lebih ditujukan, agar pada setiap hari Minggu siswa dpt menikmati family time. Sebelumnya, mereka cukup diganggung oleh pelaksanaan kegiatan ekstra, club, dan ASP yang juga sempat dilaksanakan di hari minggu.

Demikian, semoga bermanfaat. Terima kasih.

29-12-2015 11:23

DUKUNGAN KEPADA CALON KEPALA SEKOLAH Dra. DJUMHARINI

BANU ATMOKO , S.Pd

Email : smppgri644@gmail.com | IP. 36.73.189.114

SMP Tarunajaya 1 Surabaya sudah sangat bagus dan luar biasa dalam hal seleksi Calon Kepala Sekolah apalagi ada calon Dari Luar SMP Taruna Jaya 1 Surabaya. Saya berharap dan memohon jika SMP Taruna Jaya 1, pingin jaya dan berkibar harusnya pihak yayasan milih calon dari luar SMP Taruna Jaya 1 untuk membenahi SDM, SDA yang ada di SMP Taruna Jaya 1. Seperti calon Ibu Dra. DJUMHARINI Mantan Calon Kepala SMP Sasana Bhakti yang sudah teruji.

Jawab :

Terima kasih pak Banu, atas dukungan dan apresiasinya. Segala proses pemilihan dan seleksi yang disusun oleh Yayasan, sudah dirancang sedemikian rupa untuk dapat menjaring, menyeleksi, dan memilih Kepala Sekolah yang paling sesuai dengan kebutuhan organisasi. Sepengetahuan kami, SMP Taruna Jaya I Surabaya ada di barisan terdepan, sehubungan dengan sistem seleksi dan pemilihan Calon pemimpinnya. Bahkan kami yakin, sebagian besar sekolah, masih menggunakan mekanisme penunjukan dalam memilih Kepala Sekolahnya.

Sehubungan dengan proses PSCKS 2015 kemarin, kami bersyukur atas hadirnya animo pelamar yang berasal dari beberapa daerah di luar Jawa Timur. Bahkan, sudah dua periode ini, pelamar PSCKS SMP Taruna Jaya berasal dari luar Jawa. Jika sebelumnya ada pelamar yang datang dari Batam, kemarin ada yang datang dari Kalimantan Timur. Bagi kami, partisipasi tersebut, menunjukkan kedewasaan para Bakal Calon dalam mengemban amanah pendidikan Nasional anak bangsa.

Adapun para Bakal Calon, masing-masing telah menunjukkan jati diri dan kompetensi yang mumpuni, termasuk dengan Bu Rini. Beliau adalah pemimpin yang hebat. Terima kasih atas dukungan yg telah Bpk berikan kepada salah satu Cakasek, sebagaimana dukungan yang juga telah diberikan beberapa pihak kepada Bacakasek lain, yang telah kami hadirkan pada Uji Publik. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Ketua Pengurus, prosesi PSCKS kemarin tidak memperhitungkan asal calon (dari dalam/luar) sebagai pembeda, atau bahkan sbg acuan parameter penilaian. Alhamdulillah, melalui mekanisme yang ada, pihak Yayasan telah mempertimbangkan hasil dari Uji Pengetahuan Kepemimpinan & Uji Budaya Organsasi, Uji Publik Warga Sekolah, hingga Uji Kepatutan dan Kelayakan. Pada Uji Publik, penelaah telah memperhatikan 6 indikator penilaian. Sementara pada Uji Kepatutan dan Kelayakan, pengurus Yayasan telah dibekali dengan 2 parameter yang ditopang oleh 13 indikator penilaian.

Kami yakin, SMP Taruna Jaya telah memiliki mekanisme yang mapan dalam proses PSCKS 2015 yang telah dijalankan baru lalu. Semoga sekolah lain, juga dapat menyajikan mekanisme yang lebih baik di masa depan. Sehingga kami dapat belajar, agar dapat berjalan lebih baik dari sebelumnya. Sekali lagi, terima kasih atas aspirasi yang disampaikan. Kami atas nama sekolah mengucapkan permohonan maaf, jika ada yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum wr wb.

14-10-2014 08:54

Manfaatkan KTS dengan Baik

totok subroto

Email : subrotototok@yahoo.co.id | IP. 114.79.28.60

manfaatkan KTS dengan baik, pasti bisa, ayo semua belajar dari pengalaman yang ada disekolah, komposting, berkebun konvensional, pembibitan, media tanam vertikultur, jangan sampai uang yang banyak dikeluarkan kurang optimal pemanfaatannya, saya siap untuk membantu, buat rencana yang baik

tetap semangat semoga berhasil

Jawab :

Terima kasih pak

Posting sebelumnya, kok g muncul ya ini? Padahal sdh kami respon

Ttg KTS mmg demikian pak, mestinya akan selalu terhubung dgn kurikulum baru qt yg berbasis environmental education. Kami akan berharap, kita semua mau belajar untuk menjadi baik dan benar, tdk hanya dlm kaidahnya, namun jg dalam implementasinya. 

Selain itu, di dalam matpel PLH, jika disimak, buku panduan mengajar sudah mengetengahkan dengan baik, ttg apa dan bagaimana ttg berkebun? Monggo teman-teman pengampu matpel PLH diajak diskusi, karena buku itu sdh menjelaskan dgn baik, ttg apa yg seharusnya dilakukan oleh para guru dlm mengajar.

Terima kasih atas kesediaannya.

Bravo Taruna Jaya

26-08-2014 10:48

tambahan rubrik alumi

aris

Email : aristamiadi@yahoo.co.id | IP. 112.215.66.69

mohon admin bisa menambahkan rubrik alumi di web TJ thxs salam sukses saya alumi 1 TARUNA JAYA

Jawab :

Terima Kasih atas masukannya

Sementara ini rubrik alumni kami buka melalui grup facebook SMP Taruna Jaya I Surabaya. Ke depan, kami berharap akan lahir Forum Komunikasi Alumni yang solid dan mandiri.

Mohon dukungannya

 

Bravo Taruna Jaya!

14-08-2014 03:28

SISTEM SUDAH MULAI BERJALAN

totok subroto

Email : subrotototok@yahoo.co.id | IP. 36.81.255.123

SAYA BERHARAP SISTEM YANG SUDAH BERJALAN BISA TERUS MENINGKAT KEMUDIAN SEDIKIT DEMI SEDIKIT DIADAKAN PENINGKATAN SDM SEMOGA BERJALAN LANCAR

Jawab :

Terima Kasih banyak atas perhatian dan masukannya, Pak. Dan memang kami sedang menuju ke arah sana, yakni Peningkatan SDM. Mohon dukungannya selalu. Bravo TJ.

20-07-2014 09:54

saran

yuni dwi pangestu ningsih

Email : yunipangestu55@yahoo.com | IP. 114.79.17.79

mohon maaf sebelumnya saya bu yuni guru bhs ing saya sering kesulitan mengajar di lab bhs ing krna kondisi yng kurang nyaman(berdebu dan berbau) jika boleh usul agar karpet yng ada di lab di ambil saja agar saat setelah memakai saya dan anak anak lbih muda membersikan nya,ini sudah pernah saya sampekan tpi tak ada tindakan?mohon maaf sekali lgi terimakasih

Jawab :

Terima kasih bu atas masukannya

Ibu dipersilakan untuk melakukan koordinasi internal. Namun jika tidak memungkinkan, dipersilakan untuk berdiskusi melalui group FB qt atau Surat Pembaca ini. Kami terbuka untuk setiap kritik yang membangun. Mohon untuk lebih meningkatkan koordinasi internal bersama Korlab IPS-Bahasa yang baru :)

Sehubungan dengan Lab, dalam waktu dekat, Insya Alloh kami akan merealisasikan pembangunan Lab Simulasi. Jika ini bisa terealisir, kami yakin masih sedikit sekolah yang mengimplementasikan konsep Lab semacam itu. Ke depan, tidak hanya matpel bahasa Inggris saja yang bs mempergunakannya, namun jg dapat dimanfaatkan oleh matpel lain. Di sini kami berpendapat, bahwa sejatinya setiap matpel memang dapat saling berkolaborasi dan terintegrasi dalam suatu tujuan pembelajaran.

Mohon dukungan dan bantuan doa

Bravo Taruna Jaya !

 

wassalamualaikum wr wb

20-07-2014 09:42

saran

yuni dwi pangestu ningsih

Email : yunipangestu55@yahoo.com | IP. 114.79.17.79

mohon maaf sebelumnya saya bu yuni guru bhs ing,saya ingin menyampekan saran agar tanaman yng di bawa anak anak kemarin sebagian di tempelkan pada dinding lapangan depan sek agar terlihat lebih asri,bisa disiram tiapkali tentunya lapangan akan lebih ikut bersih tdak banyak debu karna ter guyur air terimakasih.

Jawab :

Waah terima kasih atas sarannya, Bu. Saat ini program pendidikan berbasis lingkungan, diharapkan tidak dibebankan pada 1 mata ajar saja. Ibu sebagai guru bahasa Inggris, jg mampu untuk membuat sekolah lebih BERSIH, ASRI, RAMAH dan BERSAHABAT. 

Untuk ke depan, kami memang akan menjadikan mata pelajaran PLH sebagai core action. Disamping itu, kami berharap Pembina OSIS di bawah koordinasi Kaur Kesiswaan, dapat berbuat lebih nyata. Kami persilakan Ibu untuk koordinasi melalui Koor Lab IPS-Bahasa, atau Guru matpel PLH, atau Kaur Kesiswaan. Dipersilakan Ibu untuk memilih yang paling memungkinkan.

Sekali lagi, terima kasih atas dukungannya

Bravo Taruna Jaya

07-07-2014 01:23

alumni

daryanto

Email : dareylavaryan@gmail.com | IP. 107.167.103.50

semoga ada wadah untuk para alumni smp tj 1,, saya alumni angkatan 1999-2000

Jawab :

Terima kasih

Kami persilakan untuk bergabung di group facebook : SMP Taruna Jaya I Surabaya

27-06-2014 08:39

pendaftaran

Riris Yudi Puji

Email : riries-abimanyu@yahoo.com | IP. 115.69.217.4

Kami memerlukan info pendaftaran untuk tahun ajaran 2014-2015 ini,syaratnya apa saja? juga perlu penjelasan ttg pendidikan lingkungan yg dimaksud,seperti apa?

Jawab :

Saat ini pendaftaran sudah masuk Gelombang 2, syaratnya membawa formulir pendaftaran, foto 3x4 3lembar, foto copy KK 2lembar. membawa SKHUS, dll. Silahkan ke SMP Taruna Jaya I untuk info lanjut.

Sekolah berkeyakinan bahwa dengan pendidikan lingkungan, yang tidak hanya belajar di ruang kelas, juga bertanam, maka akan tercipta lingkungan belajar yang Bersih, asri, Ramah dan Bersahabat.

08-06-2014 02:55

kangen tarunaa {}

synthia

Email : rahma_synthia@yahoo.com | IP. 114.79.18.206

kangen koperasinya taruna, angen sari dele.nya tarunaa.. i miss all about taruna jaya I..

Jawab :

Berkunjung aja ke Taruna, SMP Taruna Jaya terbuka untuk semua siswa dan alumninya,Taruna Jaya tetap Jaya.

1 2 >>

SURAT PEMBACA 2018-09-18 23:47:14
Kami mohon maaf atas tidak ditayangkannya pertanyaan yang tidak relevan atau pertanyaan senada yang sudah pernah terjawab. Beberapa pertanyaan atau masukan melalui Kolom Surat Pembaca ini akan dilakukan proses editing terlebih dahulu dengan tidak mengubah makna atau arti pertanyaan atau isi kolom Surat Pembaca, terima kasih
Nama :
Email :
Judul :
Pesan singkat :
Validation :    
Pengisian Kolom Surat Pembaca sebaiknya dibuat singkat dan padat atau tidak lebih dari 1 paragaraf, terima kasih.

Pasukan Paskib

IMG_4987 - Copy.JPG

Paskibraka adalah singkatan dari Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya mengibarkan duplikat bendera pusaka dalam upacara peringatan Hari-Hari Besar Negara Republik Indonesia, Dan kami SMP Taruna Jaya I ...


Goodbye, Sekolah (Swasta) Murah!
pengumuman lowongan tenaga guru...