OPINI

Pegunungan Ditinjau dari Sains dan Al Quran

Kalau mendengar kata pegunungan, apa yang kalian pikirkan? Keindahannya atau bencana gunung meletusnya. Di Indonesia, mayoritas pegunungan terlihat keren dengan pemandangan eksotisnya. Bagi para petualang, pendaki gunung sangat suka untuk menaklukkan berbagai gunung yang ada di Indonesia. Terlepas dari gunung berapi di Indonesia. Pegunungan di Indonesia mempunyai pemandangan alamnya yang sangat indah. Sedangkan untuk gunung berapi, meskipun sering terjadi bencana, tanah di sekitarnya sangat subur karena debu vulkaniknya berkontribusi menyuburkan tanahnya. Debu vulkanik inin banyak mengandung mineral dan unsur-unsur penyubur tanah seperti sulfur dan fosfor sehingga menyuburkan tanah di sekitar gunung. 

Indonesia sendiri terletak pada dua rangkaian pegunungan besar dunia Indonesia terletak pada pusat pertemuan dua pegunungan muda, yaitu pegunungan sirkum Mediterania dan pegunungan Sirkum Pasifik. 
Wilayah Indonesia yang dilalui pegunungan Sirkum Mediterania adalah Indonesia bagian barat. Pegunungan Mediterania merupakan rangkaian dari pegunungan Himalaya dengan sifat biasa. Sirkum Mediterania, meliputi dua jalur/busur, yaitu busur dalam yang bersifat vulkanis dan busur luar yang nonvulkanis. Busur dalam melalui Sumatra, Jawa, Bali, Lombok, Sumbawa, Flores, Solor, Alor, Weter, Damar, Nila, Serua, Manuk, Kepulauan Banda, dan berakhir di Pulau Ambon. Adapun busur luar melalui Pulau Simelue, Pulau Nias, Pulau Batu, Pulau Mentawai, Pulau Enggano, tenggelam di sebelah selatan Pulau Jawa, Pulau Sawu, Pulau Roti, Pulau Timor, Kepulauan Leti, Sermata, Pepulauan Barbar, Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Watubela, Kepulauan Laut Seram, Manipa, Baru, dan Pulau-pulau kecil sekitarnya. 
Sementara wilayah Indonesia yang dilalui pegunungan Sirkum Pasifik adalah Indonesia tengah dan timur. Pegunungan Sirkum Pasifik cenderung bersifat asam. Sirkum Pasifik, melalui Sulawesi, Maluku, Irian, dan Halmahera. 

Sedangkan, Kepulauan Maluku merupakan daerah yang labil karena merupakan pertemuan dua sirkum, yaitu Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania. Puncak tertinggi dari keseluruhan relief di Indonesia ada di Puncak Cartenz, yang ada di Gunung Jaya Wijaya di Papua, dengan ketinggian 4.484 meter dari permukaan air laut (mdpal) (IPS Kelas VIII SMP/MTs, Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud)

Dari sini, Kalian penasaran tidak dengan fungsi pegunungan ini di planet bumi kita. Para ahli geologi telah lama meneliti fungsi gunung sebagai pondasi penguat permukaan bumi.  Adalah Profesor Emeritus Frank Press dari Washington, Amerika Serikat (AS), salah seorang Geolog yang mengkaji tentang gunung sebagai sebagai pasak bumi. Ia mengungkapkan apabila gunung dibelah berbentuk irisan maka akan terlihat akar atau alur bersama lava yang mengikat kuat di dasar tanah. Ia juga mengungkapkan fungsi gunung yang memainkan peran penting dalam menstabilkan kerak bumi. (https://today.line.me/id/v2/article/61Zjan) 

Tahukah kalian? Hasil penelitian ilmiah itu sebenarnya sudah disebut dalam kitab suci Alquran, sejak 1400 tahun yang lalu. Penemuan itu membuktikan bahwa Alquran adalah mukjizat dan firman Allah SWT.
Yuk, Kita simak bersama-sama. 

Al quran surah Al-Anbiya ayat 31: Dan telah Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya bumi itu (tidak) goncang bersama mereka…

Al quran Al-Naba ayat 6-7, Allah SWT berfirman : Bukankan telah Kami jadikan bumi sebagai hamparan. Dan Kami jadikan gunung-gunung sebagai pasak?

Dalam surat An-Nahl ayat 15 ini : Dan Dia menancapkan gunung gunung di bumi supaya bumi ini tidak berguncang bersama kamu.

 

Lalu, mengapa gunung diistilahkan sebagai pasak bumi? Menurut Prof Press, sebenarnya, kerak bumi mengapung di atas cairan. Lapisan terluar bumi membentang 5 km dari permukaan. Kedalaman lapisan gunung menghujam sejauh yang 35 km. Dengan demikian, pegunungan adalah semacam pasak yang didorong ke dalam bumi. Jadi gunung inilah yang berfungsi sebagai pasak untuk menstabilkan kerak bumi. Gunung-gunung ini kemudian mengikat kuat di dasar permukaan bumi.

Wow, keren kan ciptaan Allah terkait dengan gunung-gunung ini. Di Indonesia sendiri yang terletak di dua sabuk sirkum pegunungan bagaikan dua sabuk yang mempasak daratan di Indonesia. Indonesia yang wilayahnya kepulauan seakan dilindungi oleh Allah dari terpaan berbagai guncangan. Meskipun seringkali kita ada guncangan yang biasa kita sebut gempa, namun kita berbagai wilayah terlindungi dengan keberadaan pegunungan ini.

Kerennya lagi, kita juga bisa menikmati indahnya pemandangan pegunungan dan bisa berpetualang di sana. Semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu ya, dan kita bisa bertamasya dan berpetualang menikmati indahnya ciptannya Allah SWT. 


Tatik Widowati, S.Si

Guru Sains

Tim Redaksi (TW), 22-04-2021

  1. Siasati Masa Pandemi, Gelar Aneka Lomba Daring
  2. Pendidikan Karakter Lewat Kegiatan Jumat Berkah
  3. Bangun Budaya Literasi, Coba Optimalkan Peran Perpustakaan
  4. Jumat Berkah, SMP Taruna Jaya Berbagi Nasi Kotak
  5. Berbagi Kebaikan dalam Jumat Berkah
  6. Meraih Impian Masuk SMA dan SMK Negeri dengan Prestasi Lomba
  7. Rizky Amelya, Peraih Nilai AKM Tertinggi di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya Mendapat Penghargaan dari MKKS Surabaya Utara
  8. Asesmen berbasis Kompetensi pada Ujian Praktik Daring Tahun Ajaran 2020-2021
  9. Tingkatkan Kompetensi Guru dalam Teknologi E-Learning dengan Pelatihan Microsoft 365
  10. Sosialisasi Penggunaan Microsoft 365 Untuk Pembelajaran Daring di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya
  1. Tidak Ada Yang Tidak Mungkin, Selama Kita Mencoba dan Berusaha
  2. Pameran Karya Virtual dengan Google Sites
  3. Belajar Dasar-Dasar Teknologi Kapal Laut dan Kapal Selam di Sains
  4. Games “Guess the Picture” Media Pembelajaran untuk Materi Descriptive Text
  5. Pegunungan Ditinjau dari Sains dan Al Quran
  6. Ramadhan 1442 H Penuh Berkah
  7. Shining Ramadhan
  8. Pocket Code dan Pocket Paint sebagai Media Belajar di Kelas Quantum
  9. Filosofi Semanggi dan Ilmu
  10. Mewaspadai Varian Baru Corona B117 dan D-dimer Pembekuan Darah Pasien COVID-19
  1. Jadwal PAT Kelas 7 dan 8 Tapel 2020-2021
  2. Lowongan Guru Bahasa Indonesia
  3. Jadwal Ujian Sekolah Daring, Tapel 2020-2021
  4. Lowongan Guru Bahasa Inggris
  5. Lowongan Tenaga Security dan Tenaga Kebersihan