OPINI

Media Pembelajaran Power Point

Media dalam pembelajaran bagian yang sangat penting dan tak terpisahkan  dalam proses belajar mengajar (PBM) utamanya untuk siswa setingkat SD,SMP bahkan SMA ,karena dengan media ,guru dapat mengaktualisasikan dan memvisualisasikan  hal-hal yang akan diajarkan. Celakanya dalam proses belajar mengajar kadang-kadang guru kurang memperhatikan  dengan hal tersebut bahkan cenderung menggunakan media  seadanya saja. Berkaitan dengan masalah tersebut saya ingin berbagi bagaimana menggunakan media yang lebih praktis dan insyaAllah efektif yaitu dengan POWER POINT, pengalaman yang telah saya lakukan media ini sangat membantu sekali  membantu siswa dalam mengaktualisasi maupun memvisialisasi materi pelajaran khususnya Matematika. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat media pembelajaran POWER POINT khususnya Matematika :

1. Slide Background

Background dibuat semenarik mungkin sehingga siswa bisa tertuju/fokus melihat. Background bisa download gambar-gambar animasi atau gambar-gambar yang lagi trend saat ini

2. Kalimat-kalimat MOTIVASI

Halaman/slide Judul sebaiknya selain diisi dengan bab/pokok bahasan  yang disampaikan juga diisi dengan kata-kata bijak atau ayat-ayat Allah yang isinya motivasi untuk belajar. Contoh kata-kata bijak “JANGANLAH HIDUP INI HANYA BERBANTAL ALASAN DAN KELUH KESAH KARENA SEMUA ITU TIDAK AKAN MENYESAIKAN MASALAH”

3. Animasi

Animasi adalah bagian terpenting dalam menggunakan media pembelajaran Power Point, utamanya untuk pembelajaran matematika karena dalam pembelajaran matematika, proses penyelesaian soal/masalah itu harus benar-benar diperhatikan  yaitu langkah-langkahnya , bila animasinya tepat maka hal ini sangat membantu sekali siswa dalam memvisualisasikan soal-soal sifatnya abstrak, karena tidak semua siswa mampu memvisualisasikan sebuah masalah/soal.

4. Membuat Media POWER POINT PERLU WAKTU

Memang membuat Media Power Point agak sedikit lama utamanya mata pelajaran matematika karena banyak animasi yang dikerjakan tetapi membuat sekali dapat digunakan selamanya , hanya kita harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan dan itu tidak banyak, tinggal tambal sulam saja.

Demikian mungkin bisa sedikit berguna bagi teman-teman seperjuangan , dan untuk sekolah kami  berharap bisa mengupgrade para bapak/ibu guru dalam membuat media pembelajaran khususnya dengan POWER POINT.

 

 

 

 

By Totok Subroto

                                                                                                                Email : subrotototok@yahoo.co.id

Totok Subroto , 17-09-2013

  1. Sambang Kampung membuat batik sibori
  2. SMP Taruna Jaya I Sekolah Prestasi
  3. Pendidikan era 4.0
  4. Ingin Optimalkan Alat Peraga, SMP Taruna Jaya Kunjungi PT Wardhana
  5. QUANTUM KELAS
  6. SMP Taruna Jaya Gelar Workshop Pembuatan Soal Ujian Online
  7. SMP Taruna Jaya Nyatakan Siap Songsong Tahun 2019
  8. Perkuat Visi Sekolah, Kepala Sekolah Ajak Galang Kebersamaan
  9. Kepala Sekolah, Sampaikan Sasaran Mutu 2019
  10. USBN SMP Taruna Jaya I
  1. Goodbye, Sekolah (Swasta) Murah!
  2. Kenali dan Selamatkan Siswa dari Narkoba
  3. Surono Danu dan Kelahiran Buah Pikiran
  4. Prestasi dan Budaya Organisasi Sekolah
  5. Sekolah yang Ramah dan Bersahabat
  6. Work Party di Kebun Sekolah
  7. Bosan Menjadi Guru?
  8. Environmental Education Berkemerdekaan
  9. Mengapa Memilih Sekolah Swasta?
  10. Guru Terbaik dengan Hasil Karya Yang Bermanfaat
  1. Lowongan untuk tenaga pegawai dan guru baru
  2. Lowongan Tenaga Administrasi
  3. Lowongan untuk tenaga staf admin dan pegawai koperasi
  4. Lowongan untuk tenaga guru baru
  5. pengumuman guru olah raga