OPINI

Ketika Smartphone Menjadi Kebutuhan Primer bagi Pelajar

 Masa Pandemi COVID 19 telah “memaksa” dunia pendidikan untuk berinovasi menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran utama. Betapa tidak, saat ini hampir setiap siswa di seluruh dunia belajar menggunakan media pembelajaran digital. Hal ini lah yang menuntut siswa memiliki smartphone sebagai kebutuhan primer dalam pembelajaran. Semua elemen Sekolah baik siswa maupun Guru dituntut untuk memiliki kompetensi dalam memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran secara otodidak karena perubahan kondisi dunia yang mendadak.
SMP Taruna Jaya 1 sebagai salah satu sekolah yang menerapkan Blended Learning (Kombinasi pembelajaran Daring dan Luring) juga dengan sigap mengantisipasi perubahan dunia pendidikan. Sekolah dengan sigap mengadakan pelatihan bagi Guru tentang media pembelajaran online Microsoft 365, kemudian Guru membimbing siswa tentang prosedur penggunaaan Microsoft 365 dalam waktu sesingkat dan sepraktis mungkin. Sosialisasi pembelajaran daring juga telah dilakukan pihak sekolah kepada wali murid dan siswa agar mereka memahami dan mendukung terlaksananya pembelajaran daring dengan efektif.
Dengan pembelajaran daring maka secara otomatis smartphone menjadi kebutuhan utama bagi pelajar untuk mengakses materi pembelajaran dari sekolah. Dampaknya adalah siswa bergantung sepenuhnya pada smartphone selain untuk pembelajaran daring , siswa juga mengisi waktu dengan bermain game online atau bermain sosial media dengan menggunakan aplikasi kekinian seperti tiktok. Di sisi lain penggunaan smartphone membuat kompetensi siswa dalam hal teknologi juga berkembang seiring dengan berkembangnya aplikasi multimedia.
Jika dikembangkan secara terarah dengan bimbingan dari sekolah akan membuat potensi siswa dalam bidang teknologi berkembang dengan efektif. Menyalahkan anak karena kecanduan smartphone sebenarnya juga kurang tepat dilakukan di masa saat ini, karena bagaimanapun kondisi saat ini mengharuskan anak untuk lebih banyak berinteraksi menggunakan smartphone. Yang bisa dilakukan sebagai jalan tengah adalah mendampingi anak saat pembelajaran daring dan juga memberikan arahan seputar penggunaan teknologi yang berdampak positif bagi perkembangan jiwa dan mental anak. Pihak Sekolah pun harus turut berperan serta dalam pendampingan dan pemantauan aktifitas siswa selama pembelajaran daring dan bekerjasama dengan orang tua untuk menjalin komunikasi yang memanusiakan hubungan.

 

Cici Julianti,SE

Guru Pkn SMP Taruna Jaya 1 Surabaya

Redaksi Web (AMK), 26-01-2021

  1. Siasati Masa Pandemi, Gelar Aneka Lomba Daring
  2. Bangun Budaya Literasi, Coba Optimalkan Peran Perpustakaan
  3. Jumat Berkah, SMP Taruna Jaya Berbagi Nasi Kotak
  4. Berbagi Kebaikan dalam Jumat Berkah
  5. Pendidikan Karakter Lewat Kegiatan Jumat Berkah
  6. Rizky Amelya, Peraih Nilai AKM Tertinggi di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya Mendapat Penghargaan dari MKKS Surabaya Utara
  7. Tingkatkan Kompetensi Guru dalam Teknologi E-Learning dengan Pelatihan Microsoft 365
  8. Asesmen berbasis Kompetensi pada Ujian Praktik Daring Tahun Ajaran 2020-2021
  9. Sosialisasi Penggunaan Microsoft 365 Untuk Pembelajaran Daring di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya
  10. Menjalin dan Menjaga Silahturrahmi Lewat Jumat Berkah
  1. Shining Ramadhan
  2. Pocket Code dan Pocket Paint sebagai Media Belajar di Kelas Quantum
  3. Filosofi Semanggi dan Ilmu
  4. Mewaspadai Varian Baru Corona B117 dan D-dimer Pembekuan Darah Pasien COVID-19
  5. Gaess, Semangat Yuk, Sambut Ujian PTS dan PAS
  6. Games “Treasure Hunt” untuk Pembelajaran Kalimat dan Pemahaman Bahasa Inggris
  7. Wahai Guru dan Orang Tua, Yuk, Belajar dari Imam Syafii dalam Mengajar Siswanya
  8. COVID-19 DAN DUKA DUNIA PENDIDIKAN
  9. Ketika Smartphone Menjadi Kebutuhan Primer bagi Pelajar
  10. Komitmen Pembelajaran Daring di Masa Pandemi
  1. Lowongan Guru Bahasa Inggris
  2. Lowongan Tenaga Security dan Tenaga Kebersihan
  3. Lowongan Guru Baru
  4. lowongan guru baru 2020
  5. PPDB Online SMP Taruna Jaya I