OPINI

Strategi Joyful Learning: Melejitkan Potensi Meraih Prestasi

Pendidikan memiliki peran kunci dalam meningkatkan sumberdaya manusia. Sedangkan dalam pendidikan menempatkan proses pembelajaran sebagai komponen utama dalam menentukan mutu lulusan siswa, sehingga guru dan siswa adalah sosok penting yang berpengaruh terhadap parameter keberhasilan meraih prestasi dibidang akademik maupun non akademik. Ketika  proses pembelajaran tidak dapat mencetak prestasi, maka siswa menjadi objek yang rentan dipersalahkan ketika tidak mampu menyerap pelajaran dengan baik. Sehingga berbagai predikat negatif atau stigma mudah disematkan kepada siswa yang tidak memperhatikan pejelasan guru. Ke tidak mampuan siswa itu ada banyak faktor yang menyebabkan, salah satunya adalah siswa menjadi malas dan tidak tertarik terhadap materi yang disampaikan gurunya. Hal ini terjadi karena proses belajar berlangsung secara monoton dan menjenuhkan, artinya srategi yang digunakan dalam proses pembelajaran hanya proses perulangan strategi dari itu ke itu juga tiada variasi dan akhirnya siswa hanya pasif dan tidak antusias dalam menerima materi pelajaran. Kondisi ini dibenarkan oleh Andi W. Gunawan (2003) dalam buku karanganya yang berjudul Genius Learning Strategy.

Sebenarnya sudah banyak panduan dan referensi yang menekankan pentingnya proses pembelajaran harus dilandasi pengalaman belajar yang menyenangkan. Dalam Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 pasal 19 ayat 1 tentang standar nasional pendidikan (standar proses) berbunyi proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang gerak yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat minat dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik. Menurut Ruhimat (2009) bahwa setiap pembelajaran seharusnya dikembangkan sedemikian rupa supaya siswa merasa bahwa kondisi pembelajaran memiliki suasana yang fleksibel, menyenangkan, dan isnspiratif. Bila suasana itu terjadi dalam pembelajaran, maka kegiatan belajar siswa akan penuh kebermaknaan serta aktivitas dan kreatifitas yang dilakukan siswa dapat dicapai secara optimal.Berdasarkan referensi ini menegaskan bahwa proses pembelajaran yang menyenangkan atau yang lebih dikenal dengan joyful learning akan memberikan hasil yang optimal dalam mewujudkan siswa untuk meraih prestasi. Joyful learning adalah sebuah pendekatan proses pembelajaran atau pengalaman belajar yang membuat pembelajar merasa nyaman (feel pleasure) yang merupakan bagian dari proses atau strategi pembelajarannya. Joyful learning sebenarnya merupakan strategi, konsep dan praktik pembelajaran yang merupakan sinergi dari pembelajaran bermakna (meaningful learning), pembelajaran kontekstual (contextual learning), teori konstruktivisme, pembelajaran aktif (active learning), dan psikologi anak.

SMP Taruna Jaya I Surabaya merupakan sekolah yang terdepan dalam menerapkan strategi pembelajaran Joyful learning, yaitu sekolah menyenangkan yang mengembangkan multiple intelligence dalam proses pembelajaran sehingga banyak melahirkan siswa berprestasi sesuai dengan bakat dan potensi siswa. Sekolah yang memiliki visi "Bersih Asri Ramah dan Bersahabat" selalu menciptakan hubungan emosional yang kuat antara guru dan siswa, agar tercipta iklim yang kondusif untuk meraih prestasi akademik maupun non akademik.  Hubungan yang kuat antara guru dan siswa yang menyenangkan tanpa ada perasaan terpaksa atau tertekan dalam proses pembelajaran, menjadi prasyarat siswa untuk tumbuh dan berkembang menjadi manusia pembelajar.

 

Dalam penerapan joyful learning, guru memosisikan diri sebagai fasilitator, motivator, dan mitra belajar siswa. Bahkan dalam hal-hal tertentu tidak menutup kemungkinan guru belajar dari siswanya, hal ini karena dipengaruhi perkembangan teknologi informasi (internet) yang dapat digunakan siswa sebagai sumber belajar selain guru. Dalam hal ini perlu diciptakan suasana yang demokratis dan dinamis, tidak ada beban baik guru maupun siswa dalam melakukan proses pembelajaran sehingga dapat menciptakan suatu karya melalui kegiatan-kegiatan yang kreatif dan inovatif.

 

Sekolah yang unggul (excellence school) dengan tegas menekankan pada "the best process". Proses yang unggul tidak akan menghianati hasil yang unggul pula. The Best Process dalam proses pembelajaran adalah dalam bentuk penerapan pendekatan pembelajaran joyful learning dan mengembangkan multiple intelligence dalam proses pembelajaran. The best Process dalam pembelajaran akan menjadi jaminan dan pilihan serta kepercayaan masyarakat untuk menyekolahkan putra putrinya dalam meraih prestasi gemilang. Konsep inilah yang menjadi pondasi serta filosofi  SMP Taruna Jaya I dalam menghantarkan siswa dalam mewujudkan masa depannya yang sukses. Jadi tidak mengherankan bila sekolah ini memiliki slogan sebagai Sekolah Prestasi melejitkan potensi siswa dan meraih prestasi yang gemilang.

 

Wardikin, S.Pd., M.Pd

180 news, 12-04-2020

  1. Sambang Kampung Membuat Batik Sibori
  2. Pembelajaran yang Menyenangkan di Smp Taruna Jaya I
  3. SMP Taruna Jaya I Sekolah Prestasi
  4. Pendidikan era 4.0
  5. Pembelajaran Daring Wfh
  6. Taruna Bersedekah
  7. Ingin Optimalkan Alat Peraga, SMP Taruna Jaya Kunjungi PT Wardhana
  8. QUANTUM KELAS
  9. SMP Taruna Jaya Nyatakan Siap Songsong Tahun 2019
  10. SMP Taruna Jaya Gelar Workshop Pembuatan Soal Ujian Online
  1. Strategi Joyful Learning: Melejitkan Potensi Meraih Prestasi
  2. Goodbye, Sekolah (Swasta) Murah!
  3. Kenali dan Selamatkan Siswa dari Narkoba
  4. Surono Danu dan Kelahiran Buah Pikiran
  5. Prestasi dan Budaya Organisasi Sekolah
  6. Sekolah yang Ramah dan Bersahabat
  7. Work Party di Kebun Sekolah
  8. Bosan Menjadi Guru?
  9. Environmental Education Berkemerdekaan
  10. Mengapa Memilih Sekolah Swasta?
  1. PPDB Online SMP Taruna Jaya I
  2. Lowongan untuk tenaga pegawai dan guru baru
  3. Lowongan Tenaga Administrasi
  4. Lowongan untuk tenaga staf admin dan pegawai koperasi
  5. Lowongan untuk tenaga guru baru