OPINI

Guru Terbaik dengan Hasil Karya Yang Bermanfaat

1. Bermimpilah untuk menjadi guru tidak biasa, apa maksudnya? jika kita sudah menguatkan diri untuk menjadi guru, maka bertekadlah dalam hati “saya tidak ingin menjadi guru biasa-biasa saja seperti kebanyakan guru pada umumnya”. karena ada lebih dari 3 juta guru di Indonesia, tapi hanya berapa persen guru yang hari-harinya terus melakukan kreativitas. Nah kita harus menjadi bagian dari guru yang di atas kemampuan rata-rata.

2. Belajarlah untuk mewujudkan mimpi tersebut dari guru-guru hebat disekitar kita. Sebelum kita bertekad mewujudkan mimpi kita untuk menjadi guru yang tidak biasa, langkah awal yang harus kita lakukan adalah banyak-banyak belajar dari guru-guru inspiratif di lingkungan sekitar kita, belajar dari guru-guru yang sudah mendapatkan berbagai penghargaan atas karya-karyanya, lihatlah apa sebenarnya yang sudah dilakukan guru tersebut sehingga bisa mendapatkan berbagai penghargaan.

3. Wujudkan mimpi lewat ide kreatif yang sederhana namun bermanfaat. Sekarang saatnya mewujudkan mimpi-mimpi kita untuk jadi guru luar biasa. buatlah ide kreatif yang sederhana di lingkungan sekolah yang nilai manfaatnya bisa dirasakan oleh warga sekolah. Misalkan kita melakukan gerakan “Masuk Lorong Pungut Sampah” atau “Satu langkah Satu Sampah” maksudnya adalah jika kita jalan di lorong-lorong atau halaman sekolah jika menemukan sampah pungutlah dengan tangan kita sendiri tidak usah menyuruh siswa. Lakukan kegiatan ini dengan konsisten selama setahun, saya yakin kita akan menjadi sosok inspiratif minimal bagi siswa-siswa kita.

4. Libatkan diri dalam membangun Ide Kreatif untuk sekolah. Beranilah dengan mengungkapkan gagasan dan ide kreatif kita kepada atasan kita misalkan yayasan atau kepala sekolah. Contohnya adalah gerakan “Diskusi Buku Mingguan” , nah tentu yang harus memulai adalah dari kita sendiri yaitu dengan cara merutinkan membaca buku setiap hari, meminjamkan buku kepada rekan sejawat, menceritakan hikmah-hikmah buku yang kita baca kepada siswa. Jika budaya ini sudah kita lakukan, maka langkah selanjutnya adalah melakukan gerakan yang lebih besar yaitu dengan cara melakukan kajian-kajian terhadap buku yang bisa memberikan nilai manfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

5. Sabarlah dan teruslah berkarya. Menjadi guru beda atau di atas rata-rata dengan berbagai ide dan gagasan kreatifnya tidaklah semudah dengan apa yang saya tuliskan ini. Karena selalu saja ada orang yang tidak suka dengan apa yang kita lakukan, oleh sebab itu tetaplah besar dan teruslah melakukan kebaikan-kebaikan sederhana yang bernilai manfaat.

Semoga artikel ini bisa memompa kita untuk menjadi guru terbaik bagi siswa-siswa kita. Amin…

Kepala Sekolah, 31-03-2015

  1. Ingin Optimalkan Alat Peraga, SMP Taruna Jaya Kunjungi PT Wardhana
  2. QUANTUM KELAS
  3. SMP Taruna Jaya Gelar Workshop Pembuatan Soal Ujian Online
  4. SMP Taruna Jaya Nyatakan Siap Songsong Tahun 2019
  5. Kepala Sekolah, Sampaikan Sasaran Mutu 2019
  6. Perkuat Visi Sekolah, Kepala Sekolah Ajak Galang Kebersamaan
  7. Sambang Kampung
  8. USBN SMP Taruna Jaya I
  9. JUARA 1 NASIONAL CHEERLEADER 2019
  10. Alumni SMP Taruna Jaya I Surabaya Berprestasi
  1. Kenali dan Selamatkan Siswa dari Narkoba
  2. Surono Danu dan Kelahiran Buah Pikiran
  3. Prestasi dan Budaya Organisasi Sekolah
  4. Sekolah yang Ramah dan Bersahabat
  5. Work Party di Kebun Sekolah
  6. Bosan Menjadi Guru?
  7. Environmental Education Berkemerdekaan
  8. Mengapa Memilih Sekolah Swasta?
  9. Guru Terbaik dengan Hasil Karya Yang Bermanfaat
  10. Menapak Arah Program Full Day Schools
  1. Lowongan untuk tenaga staf admin dan pegawai koperasi
  2. Lowongan untuk tenaga guru baru
  3. pengumuman guru olah raga
  4. pengumuman lowongan tenaga guru PPKN
  5. Lowongan tenaga Guru