INFORMASI

Program Administrasi Umum dan Keuangan

Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, 08-07-2013

Bidang Administrasi Umum dan Keuangan berkomitmen untuk menjamin keberlangsungan proses belajar mengajar di tubuh SMP Taruna Jaya I Surabaya, akan dapat berjalan dengan baik. Melalui kerangka konseptualnya, SMP Taruna Jaya I bertekad untuk membangun manajemen yang efektif, guna mengawal keberlangsungan proses belajar mengajar. Tata laksana manajemen efektif yang dimaksud, antara lain sebagai berikut.

Sehubungan dengan relasi pada kerangka konseptual yang telah dijabarkan, diharapkan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan dapat memungkinkan terlaksananya seluruh proses, struktur, kegiatan, hubungan, koordinasi, identifikasi dan implementasi yang terjadi dalam tubuh organisasi sekolah. Melalui kerangka konsep yang dianut, Bidang Administrasi Umum dan Keuangan dapat menterjemahkan kerangka konseptual sebagai makro proses yang telah merangkum seluruh peta proses, prosedur, hingga instruksi kerja dalam tubuh organisasi SMP Taruna Jaya I Surabaya.

Selain itu, Bidang Administrasi Umum dan Keuangan merupakan penanggung jawab pada setiap program implementasi Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan; Standar Sarana dan Prasarana;Standar Pengelolaan; Standar Pembiayaan; serta pada Standar Budaya dan Lingkungan yg terkait dengan guru dan tenaga kependidikan. 

Yayasan Pendidikan Taruna Jaya Surabaya telah berusaha menyederhanakan instruksi umum yang dapat digunakan untuk meletakkan dasar pelaksanaan pada suatu aktivitas atau kegiatan. Sejalan dengan semangat pembaharuan, Yayasan Pendidikan Taruna Jaya menginginkan adanya perencanaan, obyektivitas pengukuran keberhasilan pekerjaan, serta akuntabilitas kerja. 

3T SMP Taruna Jaya

Seluruh aktivitas atau kegiatan yang hendak dijalankan diharapkan mengikuti kaidah 3T (Terencana-Terukur-Tanggung jawab). Agar memenuhi kaidah tersebut, sebuah kegiatan memang harus melalui proses perencanaan. Di sisi lain, sebuah perencanaan memerlukan hasil analisis dari ketersediaan data dan informasi. Berikutnya, sebelum sebuah kegiatan dilaksanakan, perlu disusun alat ukur yang akan menentukan tingkat keberhasilan dan kegagalannya. Melalui proses semacam ini, diharapkan sebuah kegiatan, akan dapat dipertanggungjawabkan, baik dari aspek output kegiatan, capaian pada sasaran mutu, hingga keuangannya.

Sehubungan dengan kebijakan bidang keuangan, dirumuskan agar organisasi Sekolah dapat melaksanakan kegiatan secara efisien, sekaligus mampu melakukan evaluasi suatu transaksi yang menopang sebuah kegiatan, dan mengandung informasi yang bernilai finansial. Selain itu, kegiatan bidang keuangan disusun dengan tujuan untuk:

  1. Menyusun perencanaan dan pengawasan yang mendukung pengambilan keputusan yang tepat bagi pimpinan Sekolah dan Yayasan
  2. Menyediakan pertanggungjawaban nilai berbasis transaksi finansial kepada stakeholder
  3. Melakukan indentifikasi data yang berkaitan dengan implementasi pengambilan keputusan organisasi
  4. Melakukan proses dan analisa data keuangan yang relevan
  5. Mengelola data keuangan, agar dapat menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan sebagai dukungan dalam pengambilan keputusan.

Dalam praktiknya, kebijakan bidang keuangan dilaksanakan untuk menaungi aktivitas identifikasi, pencatatan, dan komunikasi kegiatan dan transaksi yang bernilai ekonomis, guna menghasilkan informasi yang diperlukan oleh pimpinan Sekolah dan pimpinan Yayasan. Proses identifikasi menyangkut pada penerapan sensor terhadap transaksi keuangan yang dilakukan oleh organisasi sekolah. Pada tahap berikutnya, akan dilakukan proses pencatatan, penggolongan, ringkasan dan rincian (ikhtisar) data keuangan. Selanjutnya, akan dirangkai seluruh data-data keuangan agar mendukung penyusunan laporan keuangan.

  1. Siasati Masa Pandemi, Gelar Aneka Lomba Daring
  2. Pendidikan Karakter Lewat Kegiatan Jumat Berkah
  3. Bangun Budaya Literasi, Coba Optimalkan Peran Perpustakaan
  4. Jumat Berkah, SMP Taruna Jaya Berbagi Nasi Kotak
  5. Meraih Impian Masuk SMA dan SMK Negeri dengan Prestasi Lomba
  6. Asesmen berbasis Kompetensi pada Ujian Praktik Daring Tahun Ajaran 2020-2021
  7. Berbagi Kebaikan dalam Jumat Berkah
  8. Rizky Amelya, Peraih Nilai AKM Tertinggi di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya Mendapat Penghargaan dari MKKS Surabaya Utara
  9. Tingkatkan Kompetensi Guru dalam Teknologi E-Learning dengan Pelatihan Microsoft 365
  10. Sosialisasi Penggunaan Microsoft 365 Untuk Pembelajaran Daring di SMP Taruna Jaya 1 Surabaya
  1. Tidak Ada Yang Tidak Mungkin, Selama Kita Mencoba dan Berusaha
  2. Pameran Karya Virtual dengan Google Sites
  3. Belajar Dasar-Dasar Teknologi Kapal Laut dan Kapal Selam di Sains
  4. Games “Guess the Picture” Media Pembelajaran untuk Materi Descriptive Text
  5. Pegunungan Ditinjau dari Sains dan Al Quran
  6. Ramadhan 1442 H Penuh Berkah
  7. Shining Ramadhan
  8. Pocket Code dan Pocket Paint sebagai Media Belajar di Kelas Quantum
  9. Filosofi Semanggi dan Ilmu
  10. Mewaspadai Varian Baru Corona B117 dan D-dimer Pembekuan Darah Pasien COVID-19
  1. Jadwal PAT Kelas 7 dan 8 Tapel 2020-2021
  2. Lowongan Guru Bahasa Indonesia
  3. Jadwal Ujian Sekolah Daring, Tapel 2020-2021
  4. Lowongan Guru Bahasa Inggris
  5. Lowongan Tenaga Security dan Tenaga Kebersihan