INFORMASI

Kerangka Konseptual SMP Taruna Jaya I Surabaya

Pedoman Organisasi Sekolah 2013, 19-09-2013

Kebutuhan organisasi pada kerangka konseptual (conceptual framework), lebih cenderung berhimpitan dengan pelaksanaan tugas analisis terhadap sistem. Diharapkan, melalui kepemilikan conceptual framework ini, SMP Taruna Jaya I dapat memperoleh rujukan dalam menggerakkan roda analisis terhadap sistem manajemen pendidikan yang hendak dijalankan.

Kerangka konseptual yang digunakan oleh SMP Taruna Jaya I Surabaya, ditujukan untuk menguraikan kegiatan dan menyajikan sebuah pendekatan, guna menterjemahkan suatu ide atau pemikiran. Kerangka konseptual juga diharapkan mampu menghubungkan seluruh pekerjaan terhadap setiap aspek yang hendak dituju oleh organisasi sekolah. Kerangka yang dimiliki dapat bertindak laksana peta yang memberikan koherensi untuk suatu implementasi program.

Kerangka Konseptual

Secara garis besar, SMP Taruna Jaya I hendak menciptakan sekolah yang mampu mendukung kelahiran siswa yang inovatif dan memiliki kompetensi sains, kompetensi sosial budaya, serta kompetensi moral. Inovasi yang dimaksud, adalah keterampilan yang diharapkan akan dapat dimiliki oleh siswa, berupa:

Kompetensi sains yang diharapkan, berupa pemahaman dan penerapan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural), berdasarkan rasa ingin tahu siswa tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian yang tampak oleh mata. Selain itu, siswa dirangsang untuk bersedia mencoba, mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang), sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang atau teori.

Kompetensi sosial budaya, merupakan kemampuan untuk berusaha memiliki pengetahuan dan keterampilan dari suatu masyarakat sosial-budaya tertentu, agar dapat memberikan pengaruh yang efektif. Dalam hal ini, diharapkan siswa dapat memiliki kesadaran budaya (cultural awareness), berupa kepekaan sikap dan keyakinan terhadap keberadaan warisan budaya serta nilai-nilai dalam membina hubungan dengan individu atau kelompok lain. Kemudian, siswa juga didorong agar memiliki pengetahuan budaya (cultural knowledge), berupa kepemilikan rasa toleransi, apresiasi dan penghormatan terhadap budaya yg berbeda, termasuk mengembangkan kemampuan dalam mempelajari pengetahuan dari budaya lain. Selain itu, siswa juga diharapkan akan dapat memiliki keterampilan budaya (cultural skills), berupa pengembangan perilaku interaksi bersama dengan budaya dari pelbagai kelompok.

Secara umum, siswa SMP Taruna Jaya I digerakkan agar dapat menghargai dan menghayati perilaku disiplin, peduli (toleransi, gotong royong), santun, inspiratif dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan alam dan sosial, menurut jangkauan pergaulan dan keberadaannya. Berakhlak mulia, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab.

Kompetensi moral yang hendak diberikan kepada siswa SMP Taruna Jaya I berupa kapasitas untuk membuat keputusan dan penilaian, berdasarkan prinsip-prinsip moral, dan kemudian bertindak sesuai dengan penilaian moral agama dan budaya setempat. Siswa mampu bersikap dan berperilaku berdasarkan pada norma-norma, nilai-nilai, tujuan, niat, minat, motif, dan perasaan, menurut pemahaman yang diberikan terhadap moral agama dan budaya setempat. Siswa akan digerakkan agar mampu menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut. Selain itu, para siswa juga diharapkan dapat memahami tentang kepemilikan sifat adil, terpercaya, tanggung jawab, berbudi (righteousness), selalu memperbaiki diri, tulus dan jujur, sabar, tabah, serta rendah hati. Secara sederhana, SMP Taruna Jaya I berharap agar nilai-nilai moral keagamaan juga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh para siswa.

Berikutnya, organisasi sekolah telah mencetuskan tiga pilar utama yang membidangi seluruh aspek kegiatan, yaitu aspek-aspek pada bidang pendidikan, administrasi umum dan keuangan, serta bidang kesiswaan. Ketiga bidang tersebut, diharapkan telah merangkum seluruh sasaran mutu, program kerja, kegiatan dan penganggaran yang bernaung di bawah organisasi SMP Taruna Jaya I Surabaya.

Sasaran Taruna Jaya

Bagaimana agar ketiga bidang tersebut tetap dapat berkreasi, namun masih berada pada jalur yang benar (on the right track)? Berujung dan menuju pada setiap tujuan yang diharapkan?

Dalam hal ini, sejak tahun 2013, SMP Taruna Jaya I Surabaya telah menganut Pedoman Organisasi yang berisikan sistem tata laksana kegiatan berbasis manajemen sekolah. SMP Taruna Jaya I Surabaya telah dan akan terus menetapkan Rencana Mutu, Rencana Kegiatan Tahunan Sekolah (RKTS), dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS), sebagai penopang setiap sasaran yang hendak digapai pada setiap tahunnya.

Dengan merujuk pada tahun buku, SMP Taruna Jaya I Surabaya merencanakan seluruh Rencana Mutu, RKTS, dan RKAS-nya pada setiap awal tahun. Di sisi lain, SMP Taruna Jaya I Surabaya tetap menjalankan periode tahun ajaran dengan sebagaimana mestinya, merujuk pada ketetapan pemerintah. Keduanya tetap dapat berjalan seiring dengan tata laksana manajemen dan rencana kegiatan belajar mengajar. 

Pada kondisi demikian, SMP Taruna Jaya I Surabaya telah memiliki acuan dan rute yang stabil, dalam menjaga dan memperjuangkan setiap tujuan yang hendak dicapai. Tidak hanya itu, setiap aktivitas yang memiliki kepatuhan, dapat dipastikan akan memiliki nafas dan derap langkah yang akan senantiasa berjalan seirama dengan visi dan misi organisasi. Dengan demikian, setiap kegiatan yang digebyar oleh SMP Taruna Jaya I Surabaya, akan tetap dapat terlihat linear dan berjalan sinergis. Tergerak dan mengarah kepada tujuan bersama, melalui setiap proses perencanaan, penetapan alat ukur, sehingga akan dapat dipertanggungjawabkan.

  1. Kunjungan ke Kasat Reskoba Polrestabes Surabaya
  2. Juara II Kompetisi Futsal tingkat SMP
  3. Surabaya leadership dan Enterpreneur ship challenge
  4. Prosesi Sertijab Pengurus Osis Periode 2018-2019
  5. Juara I Futsal Piala Trofeo di SMP AL-Azhar kelapa gading
  6. sholat dhuhur berjamaah
  7. LDKS 2018
  8. juara I kejurda cherleader jawa timur
  9. Parenting dan Sosialisasi UNBK dan UBS
  10. ujian praktek
  1. Kenali dan Selamatkan Siswa dari Narkoba
  2. Surono Danu dan Kelahiran Buah Pikiran
  3. Prestasi dan Budaya Organisasi Sekolah
  4. Sekolah yang Ramah dan Bersahabat
  5. Work Party di Kebun Sekolah
  6. Bosan Menjadi Guru?
  7. Environmental Education Berkemerdekaan
  8. Mengapa Memilih Sekolah Swasta?
  9. Guru Terbaik dengan Hasil Karya Yang Bermanfaat
  10. Menapak Arah Program Full Day Schools
  1. Lowongan tenaga Guru
  2. Lowongan tenaga administrasi sekolah
  3. Lowongan Tenaga Kebersihan
  4. Pengumuman Jadwal PAS Semester Ganjil
  5. Tiga Jari Ijasan tahun 2017