INFORMASI

Pengembangan potensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Yayasan Pendidikan Taruna Jaya Surabaya, 07-01-2015

Pada dasarnya pengembangan SDM merupakan upaya pengejaran terhadap improvisasi kinerja dan peningkatan kapasitas pegawai, guna menghadapi tantangan dan perubahan. Dalam hal ini, diperlukan pembaharuan dan regenerasi potensi dan usaha-usaha yang ada di dalam diri pegawai, untuk dihadapkan pada dimensi yang berbeda. Selain itu, aktivitas pengembangan SDM juga digerakkan untuk tujuan pembelajaran dan peningkatan kompetensi pegawai. Namun demikian, usaha pengembangan SDM tidak hanya ditujukan untuk meningkatkan kualitas pegawai saja, melainkan juga ditujukan untuk meraih peningkatan kualitas hidup secara umum.

Struktural SMP Taruna Jaya

Berdasarkan prinsip dasar tersebut, pelaksanaan program kerja pengembangan SDM dapat meliputi:

  1. Indentifikasi arti penting pekerjaan dan makna hidup bagi seorang pegawai
  2. Peningkatan pemahaman tentang kepemimpinan kolaboratif yang dibutuhkan bagi keberlangsungan organisasi sekolah
  3. Promosi keteguhan, sehubungan dengan nilai-nilai luhur, etika dan moral yang dianut berdasarkan agama dan budaya masyarakat setempat, serta adanya upaya pemahaman terhadap visi, misi, tujuan dan nilai-nilai yang akan dikembangkan oleh organisasi sekolah.

Pengembangan potensi tenaga kependidikan dan kepegawaian secara umum, diarahkan untuk:

  1. Memiliki pandangan diri yang positif, dan bersedia untuk mengembangkan kemampuan diri
  2. Memiliki rasa keterbukaan untuk berubah. Memiliki integritas, bertanggung jawab saat melakukan sebuah kesalahan, dan memiliki kedewasaan emosional.
  3. Memiliki penghormatan terhadap keunikan, martabat dan nilai pada setiap individu.
  4. Memiliki kesediaan untuk bekerja sama dengan orang lain, demi memperjuangkan tujuan bersama.
  5. Memiliki komitmen dan bersedia mencurahkan waktu dan perhatian terhadap siswa.
  6. Memiliki komitmen terhadap pengembangan pendidikan. Bersedia mengembangkan pengetahuan dan pelatihan untuk menjadi model yang sesuai bagi siswa.

Sementara pengembangan potensi guru SMP Taruna Jaya I dilaksanakan, agar:

  1. Dalam setiap aspek hubungan pendidikan dan pengajaran, mampu menunjukkan sensitifitas dan kepedulian kepada siswa.
  2. Mampu memahami perkembangan fisik, emosional, intelektual, dan moral siswa, serta mampu merencanakan proses belajar mengajar yang dapat memfasilitasi proses perkembangan tersebut.
  3. Mampu menciptakan lingkungan kelas belajar yang kondusif, dengan menggunakan berbagai teknik instruksional, serta memodifikasi kurikulum agar sanggup untuk beradaptasi dengan pola belajar dari masing-masing siswa.
  4. Mampu untuk memfasilitasi pertumbuhan pribadi siswa melalui prosedur instruksional, inovasi terhadap isi kurikulum, serta melalui hubungan pribadi dengan para siswa.
  5. Mampu untuk bekerja sama dengan guru lain, tenaga kependidikan, orang tua, pimpinan sekolah, yayasan, dan kelompok masyarakat.
  6. Mampu mengajarkan keterampilan komunikasi, seperti: membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara sebagai bagian integral dari instruksi dalam mata pelajaran yang diampu.
  7. Mampu memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjadi inovatif dan mandiri.
  8. Mampu mempertahankan kontrol terhadap kelas yang sesuai dengan jenis pembelajaran yang dilakukan, serta mampu mengatasi hubungan secara efektif terhadap permasalahan yang muncul secara tidak terduga
  9. Mampu mengembangkan secara luas, meningkat dan mendalam, pada setiap dimensi mata pelajaran yang diampu. Selain itu, juga mampu melakukan komparasi dengan sekolah lain, terkait dengan mata pelajaran sejenis.
  10. Mampu berpikir konstruktif dan bersedia untuk turut berpartisipasi dalam setiap implementasi terhadap perencanaan, evaluasi, revisi, dan pengembangan kurikulum.
  11. Mampu menyusun evaluasi, identifikasi, dan pelaporan yang dapat digunakan sebagai instrumen untuk meningkatkan konsep diri
  12. Mampu membantu sekolah untuk dapat membuat ruang kelas dan lingkungan sekolah, kurikulum, dan prosedur instruksional yang ada, sebagai media belajar yang ramah dan bersahabat bagi para siswa, sesuai dengan kebutuhan fisik, mental, dan emosi.

Berikut antara lain produk ketentuan Yayasan Pendidikan Taruna Jaya Surabaya, terkait dengan urusan manajamen dan pengembangan SDM:

  1. Pedoman Peraturan Kepegawaian pada SMP Taruna Jaya I Surabaya
  2. Pedoman Pembinaan Pegawai Yayasan pada SMP Taruna Jaya I Surabaya

  1. Kunjungan ke Kasat Reskoba Polrestabes Surabaya
  2. Juara II Kompetisi Futsal tingkat SMP
  3. Surabaya leadership dan Enterpreneur ship challenge
  4. Juara I Futsal Piala Trofeo di SMP AL-Azhar kelapa gading
  5. Prosesi Sertijab Pengurus Osis Periode 2018-2019
  6. sholat dhuhur berjamaah
  7. LDKS 2018
  8. juara I kejurda cherleader jawa timur
  9. Parenting dan Sosialisasi UNBK dan UBS
  10. ujian praktek
  1. Kenali dan Selamatkan Siswa dari Narkoba
  2. Surono Danu dan Kelahiran Buah Pikiran
  3. Prestasi dan Budaya Organisasi Sekolah
  4. Sekolah yang Ramah dan Bersahabat
  5. Work Party di Kebun Sekolah
  6. Bosan Menjadi Guru?
  7. Environmental Education Berkemerdekaan
  8. Mengapa Memilih Sekolah Swasta?
  9. Guru Terbaik dengan Hasil Karya Yang Bermanfaat
  10. Menapak Arah Program Full Day Schools
  1. Lowongan tenaga Guru
  2. Lowongan tenaga administrasi sekolah
  3. Lowongan Tenaga Kebersihan
  4. Pengumuman Jadwal PAS Semester Ganjil
  5. Tiga Jari Ijasan tahun 2017