BERITA

Sambut Era WFH, SMP Taruna Jaya Luncurkan Sistem Penilaian Kinerja Baru

Tak ingin hanya diam dalam menjalani masa pandemi, SMP Taruna Jaya 1 Surabaya memilih untuk mengisinya dengan inovasi baru. Sekolah yang terletak di dekat Jembatan Nasional Suramadu ini, berinisiatif membangun sistem penilaian kinerja, yang sekaligus adaptif dengan anjuran pemerintah agar siswa tetap dapat belajar dari rumah. 

"Pada awalnya kita sering mendapat masukan. Ada bawahan yang jika di rumah, tidak bisa diukur kinerjanya. Di sisi lain, mereka yang piket di sekolah, hanya sekedar datang saja, tanpa terlihat memberi kontribusi yang berarti. Sementara manajemen, memiliki tanggung jawab moral untuk tetap dapat memberikan salary secara penuh. Karena itu, kita coba membangun sistem baru untuk menghadapi era work from home seperti sekarang ini," papar Kepala Sekolah, Wardikin, S.Pd., M.Pd. Dikatakan olehnya, bahwa saat ini sudah tidak ada lagi gap antara work from school atau work from home. Keduanya tetap dapat dimonitor dengan sama baiknya.

Sebelumnya sekolah menyatakan, juga telah memiliki sistem penilaian kinerja yang telah berjalan sejak tahun 2013. Hanya saja, sistem lama tersebut belum dapat mengakomodir mereka yang sedang menjalankan aktivitas work from home (WFH) seperti pada masa pandemi ini. "Bedanya dengan yang lama, sistem baru ini bisa memotret pekerjaan apapun yang dikerjakan oleh tim. Kapan dan di manapun, mereka berada. Jadi meski berada di rumah, kami tetap bisa memilih swalayan pekerjaan, meski sambil mengerjakan tugas-tugas rumah tangga," imbuh Kepala SMP Taruna Jaya 1 Surabaya.

Konsepnya, setiap guru dan tendik bisa dengan leluasa mengambil pekerjaan mereka melalui swalayan pekerjaan. Tak terikat oleh ruang dan waktu. Selain itu, sistem baru ini juga terhubung dengan sistem remunerasi sekolah. Setiap saat, semua warga sekolah bisa memonitor pergerakan kinerja dan perolehan salary masing-masing secara real time. Menurut Kepala Sekolah, sistem ini sudah dapat berjalan dengan baik dan mulai diberlakukan sejak bulan Agustus kemarin. 

"Setiap saat, pimpinan bisa memonitor load dan performance dari masing-masing anggota tim kami di sekolah. Melalui sistem baru ini, kami juga tetap bisa memantau kedisiplinan dan kolaborasi antar guru," demikian pungkas Wardikin, M.Pd. 

Humas Taruna Jaya, 14-09-2020

  1. Sambang Kampung Membuat Batik Sibori
  2. Pembelajaran yang Menyenangkan di Smp Taruna Jaya I
  3. SMP Taruna Jaya I Sekolah Prestasi
  4. Pendidikan era 4.0
  5. Pembelajaran Daring Wfh
  6. Taruna Bersedekah
  7. Ingin Optimalkan Alat Peraga, SMP Taruna Jaya Kunjungi PT Wardhana
  8. QUANTUM KELAS
  9. SMP Taruna Jaya Nyatakan Siap Songsong Tahun 2019
  10. SMP Taruna Jaya Gelar Workshop Pembuatan Soal Ujian Online
  1. Strategi Joyful Learning: Melejitkan Potensi Meraih Prestasi
  2. Goodbye, Sekolah (Swasta) Murah!
  3. Kenali dan Selamatkan Siswa dari Narkoba
  4. Surono Danu dan Kelahiran Buah Pikiran
  5. Prestasi dan Budaya Organisasi Sekolah
  6. Sekolah yang Ramah dan Bersahabat
  7. Work Party di Kebun Sekolah
  8. Bosan Menjadi Guru?
  9. Environmental Education Berkemerdekaan
  10. Mengapa Memilih Sekolah Swasta?
  1. PPDB Online SMP Taruna Jaya I
  2. Lowongan untuk tenaga pegawai dan guru baru
  3. Lowongan Tenaga Administrasi
  4. Lowongan untuk tenaga staf admin dan pegawai koperasi
  5. Lowongan untuk tenaga guru baru