BERITA

SMP Taruna Jaya Berhasil Terapkan Ujian Online

Senin (26/11) lalu untuk pertama kalinya SMP Taruna Jaya I Surabaya, berhasil menggelar ujian online secara mandiri. Sistem ini melengkapi keberadaan integrasi sistem rencana mutu, perencanaan anggaran dan kegiatan, monitoring evaluasi, pembayaran iuran, presensi, serta penilaian kinerja yang memang sudah ada di SMP Taruna Jaya I Surabaya. Pelaksanaan ujian mandiri ini, untuk pertama kali diberlakukan saat PAS (Penilaian akhir semester, red.) ganjil 2018/2019 berlangsung.

"Alhamdulillah PAS online hari pertama telah berjalan lancar. Sebelum ujian PAS online, semua guru sudah kita kumpulkan, koordinasi. Insya Allah sudah dijelaskan, bahkan sudah diilustrasikan. Karena ini awal, pasti akan terjadi penyempurnaan," papar Wardikin, M.Pd., Kepala SMP Taruna Jaya I Surabaya saat ditemui di ruang kerjanya. 

Implementasi ujian online di SMP Taruna Jaya I Surabaya, merupakan komitmen dari pihak Yayasan dan Sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. SMP Taruna Jaya berusaha menangkap kebutuhan millennial. Melalui sistem ujian online yang dimiliki, SMP Taruna Jaya nantinya juga akan dapat menggelar ulangan harian, PTS, dan PAS seperti yang kini sedang dilaksanakan. "Kami terlecut ketika teringat pertama kali dulu harus menghantarkan siswa untuk UNBK di SMA 9. Tahun berikutnya, kita sudah bisa menggelar UNBK di sekolah sendiri. Jika kita sudah bisa menggelar UNBK di sekolah, maka kami yakin akan mampu mengadakan PAS sendiri. Jika sudah mampu menggelar PAS, maka tentu kita akan mampu menggelar PTS dan ulangan harian secara online. Jaman telah berubah, dan kita memang harus mengikuti perkembangannya," tukas Wardikin, M.Pd.

Melalui sistem ujian online yang dibangun, SMP Taruna Jaya akan mampu menjamin akurasi, kejujuran dan kemajuan belajar para siswa. "Alhamdulillah kita sudah memiliki bank soal, dan ujian online di Taruna Jaya dapat mengkondisikan paket soal yang berbeda. Jadi nanti setiap siswa, akan mendapat soal yang berbeda, sehingga mereka tidak perlu berusaha untuk mencontek atau apa. Jika nilainya jelek, setidaknya mereka sudah jujur. Ketika nilainya baik, berarti itu memang pantas untuk dibanggakan," ungkap Endang Winarningsih, S.Pd., selaku koordinator pelaksanaan ujian online SMP Taruna Jaya I Surabaya.

Selaku Wakil Kepala Sekolah, Endang Winarningsih menambahkan, bahwa dengan adanya sistem ujian online ini, sekolah akan dapat mendukung program environmental education melalui penghematan pemakaian kertas saat ujian. Selain itu, pihaknya mengaku dapat melakukan evaluasi terhadap para guru, materi ajar, atau pada pendekatan mengajar yang diterapkan. Selama ini, SMP Taruna Jaya memang tengah menerapkan multiple intelligences dengan memanfaatkan luas lahan yang dimiliki sekolah.

"Kalau ada keinginan pasti ada jalan, yang terpenting kita sudah bergerak. Dengan pembiayaan yang tidak mahal, SMP Taruna Jaya sudah mampu terapkan ujian online. Itu sudah luar biasa, tinggal evaluasi di beberapa hal. Tim tetap semangat, demi melayani kemajuan pendidikan siswa," demikian pungkas Wakil Kepala Sekolah, Endang Winarningsih, S.Pd.  

Humas SMP Taruna Jaya, 06-12-2018

  1. Sambang Kampung membuat batik sibori
  2. SMP Taruna Jaya I Sekolah Prestasi
  3. Pendidikan era 4.0
  4. Ingin Optimalkan Alat Peraga, SMP Taruna Jaya Kunjungi PT Wardhana
  5. QUANTUM KELAS
  6. SMP Taruna Jaya Gelar Workshop Pembuatan Soal Ujian Online
  7. SMP Taruna Jaya Nyatakan Siap Songsong Tahun 2019
  8. Perkuat Visi Sekolah, Kepala Sekolah Ajak Galang Kebersamaan
  9. Kepala Sekolah, Sampaikan Sasaran Mutu 2019
  10. USBN SMP Taruna Jaya I
  1. Goodbye, Sekolah (Swasta) Murah!
  2. Kenali dan Selamatkan Siswa dari Narkoba
  3. Surono Danu dan Kelahiran Buah Pikiran
  4. Prestasi dan Budaya Organisasi Sekolah
  5. Sekolah yang Ramah dan Bersahabat
  6. Work Party di Kebun Sekolah
  7. Bosan Menjadi Guru?
  8. Environmental Education Berkemerdekaan
  9. Mengapa Memilih Sekolah Swasta?
  10. Guru Terbaik dengan Hasil Karya Yang Bermanfaat
  1. Lowongan untuk tenaga pegawai dan guru baru
  2. Lowongan Tenaga Administrasi
  3. Lowongan untuk tenaga staf admin dan pegawai koperasi
  4. Lowongan untuk tenaga guru baru
  5. pengumuman guru olah raga