BERITA

Kunjungan ke Kasat Reskoba Polrestabes Surabaya

Surabaya sebagai kota metropolis terbesar kedua setelah Jakarta, merupakan kota yang memiliki segudang kompleksitas masalah sosial yang sangat tinggi. Melihat dan mencermati fenomena berita yang berkembang dilingkungan masyarakat terutama dunia pelajar di kota Surabaya baik melalui media cetak maupun media elektronik sudah ada beberapa indikasi atau gejala penyimpangan perilaku sosial yang menghawatirkan masa depan para pelajar. Salah satunya gejala tersebut dibuktikan dengan semaraknya penangkapan para pelajar yang terindikasi menggunakan narkoba dan pengedar narkoba dilingkungan masyarakat. Inilah yang menjadi tema menarik untuk dijadikan berita utama atau kajian utama oleh Majalah Sekolah PROAKTIF pada edisi ke-5 SMP Taruna Jaya 1 Surabaya tahun 2018. Untuk mendapatkan berita yang kredible dan dapat dipercaya, maka dibutuhkan nara sumber yang kompeten untuk mengupas secara tuntas tentang pergerakan narkoba di Surabaya. Untuk itu Tim Jurnalistik atau wartawan Majalah PROAKTIF yang terdiri dari Siti Aisyah (8C), I Made (7A), Maulana Febri (7D) dan Zevana (9A) dari ekskul fotografer pada tanggal 8 Maret 2018 melakukan wawancara dengan Bapak AKBP Roni Faisal Saiful Faton, yang lebih populernya dikalangan media di panggil Bapak Roni F adalah Kasat Reskoba Polrestabes Surabaya. Ditemui dikantornya dilantai 5, Dia menerima tim wartawan sekolah dengan ramah dan penuh semangat,  setelah mempersilahkan lalu menjawab pertanyaan-pertanyaan wartawan sekolah dengan antusias dan  bijaksana.

Bapak Roni F yang merupakan alumnus Akpol tahun 2000 ini menjelasakan secara detail apa itu narkoba, bagaimana dampaknya bagi tubuh, bagaimana pergerakan penyebarannya dan mengapa pelajar juga menjadi bidikan pengedar. Pamen di Kepolisian ini, yang sudah meraih tanda jasa Satria Tamtama, Dharma Nusa, Kesetian, dan Karya Bhakti diusia muda nya ini juga memberikan penjelasan contoh-contoh alat yang digunakan para pengguna narkoba terutama dikalangan pelajar. "Para pelajar yang menjadi pengguna dan pengedar narkoba rata dipengaruhi faktor ekonomi lemah, kondisi keluarga yang kurang kondusif/harmoni, dan kepengawasan masyarakat terhadap lingkungan yang terbatas" ujarnya. Lalu Dia menambahkan "Dampak dari penggunaan narkoba sesungguhnya dapat merusak saraf otak dan merusak mental, oleh sebab itu pelajar yang sudah kecanduan narkoba akan kehilangan masa depan". Juga menjelaskan bahwa penyebaran narkoba dapat dilakukan melalui jalur darat dan jalur laut, ini semua tujuan antaranya adalah merusak generasi penerus bangsa. Pada pertanyaan terakhir yang disampaikan Siti Asiyah, yaitu "Apa pesan bapak untuk para pelajar di Kota Surabaya?", lalu Bapak Roni F mengatakan " Para pelajar di Surabaya belajarlah dengan semangat untuk meraih prestasi mengapai cita cita dengan gemilang untuk menjadikan negara ini lebih maju dan dapat bersaing ditataran global...STOP NARKOBA!". Setelah selesai wawancara, para wartawan sekolah memberikan cindera mata dan foto bersama dengan Bapak Roni F, selanjutnya dengan penuh gembira, bahagia dan ramah Dia mempersilahkan untuk makan siang bersama. Setelah itu bapak Roni F melanjutkan tugas berikutnya untuk mengamankan kunjungan presiden ke Gresik, Tuban yang melalui jalur Surabaya.

Ketika para wartawan menuju mobil untuk perjalanan pulang, terjadi diskusi ringan lalu Febri mengatakan " Bapak Roni F itu ternyata masih muda, cerdas, tampan, ramah dan berprestasi serta visinya sangat kuat untuk melindungi masyarakat dan pelajar dari narkoba, gimana kalau kapan kapan beliau kita undang kesekolah yok ? pasti teman teman senang". Dengan penjelasan tentang Narkoba dari Bapak Roni F ini semoga dapat memberikan pencerahan bagi pelajar di Surabaya....STOP NARKOBA!.

180 news, 10-03-2018

  1. Kunjungan ke Kasat Reskoba Polrestabes Surabaya
  2. Juara II Kompetisi Futsal tingkat SMP
  3. Surabaya leadership dan Enterpreneur ship challenge
  4. Juara I Futsal Piala Trofeo di SMP AL-Azhar kelapa gading
  5. Prosesi Sertijab Pengurus Osis Periode 2018-2019
  6. sholat dhuhur berjamaah
  7. LDKS 2018
  8. juara I kejurda cherleader jawa timur
  9. Parenting dan Sosialisasi UNBK dan UBS
  10. ujian praktek
  1. Kenali dan Selamatkan Siswa dari Narkoba
  2. Surono Danu dan Kelahiran Buah Pikiran
  3. Prestasi dan Budaya Organisasi Sekolah
  4. Sekolah yang Ramah dan Bersahabat
  5. Work Party di Kebun Sekolah
  6. Bosan Menjadi Guru?
  7. Environmental Education Berkemerdekaan
  8. Mengapa Memilih Sekolah Swasta?
  9. Guru Terbaik dengan Hasil Karya Yang Bermanfaat
  10. Menapak Arah Program Full Day Schools
  1. Lowongan tenaga Guru
  2. Lowongan tenaga administrasi sekolah
  3. Lowongan Tenaga Kebersihan
  4. Pengumuman Jadwal PAS Semester Ganjil
  5. Tiga Jari Ijasan tahun 2017