BERITA

SMP Taruna Jaya Kirim Guru PLH Belajar ke Trawas

Selama dua hari, pada tanggal 21-22 September 2013 baru lalu, SMP Taruna Jaya I Surabaya mengirimkan guru pengampu mata pelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) ke bumi PPLH (Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup), yang bertempat di Seloliman, Trawas, Mojokerto. Pada kesempatan tersebut, SMP Taruna Jaya I Surabaya menugaskan Ibu Tatik Widowati, S.Si dan Ibu Tri Mulyati, guna menimba pengetahuan bersama PPLH Seloliman.

"Kami sengaja memilih untuk bekerja sama dengan PPLH, karena melihat kesesuaian visi mereka. PPLH telah menyatakan dirinya sebagai environmental education center, sementara SMP Taruna Jaya juga tengah mengembangkan environmental education," demikian ujar Yuniawan Heru S., M.Si., Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Taruna Jaya Surabaya. Menurutnya, keberangkatan kedua guru PLH ke PPLH Trawas, hanyalah sebuah langkah awal. Pemberlakuan mata pelajaran PLH sejak tahun ajaran baru ini, diharapkan mampu mengintegrasikan aktivitas akademik dengan vision statement yang telah digagas untuk sekolah.

Pelatihan PLH yang dimiliki pihak PPLH Seloliman, menyediakan antara lain beberapa materi tentang pengelolaan sampah, ekosistem hutan tropis, energi teknologi tepat lingkungan, bio indikator pencemaran, pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH), sosial ekonomi pedesaan, pertanian ekologis, arsitektur lingkungan, metodologi pendidikan lingkungan, serta beberapa pokok bahasan lain. "PLH adalah mata pelajaran baru di SMP Taruna Jaya. Ketika tiba di PPLH, pada awalnya kami sedikit bingung, karena materi workshop tentang lingkungan hidup, ternyata begitu luas dan melibatkan beberapa disiplin ilmu," ungkap Tatik Widowati, S.Si., sebagai guru peserta pelatihan.

Namun pada akhirnya, alumnus Prodi Biologi Universitas Airlangga ini memutuskan untuk fokus dalam mempelajari beberapa topik yang terkait dengan penyelesaian masalah yang kini tengah dihadapi oleh SMP Taruna Jaya I Surabaya. Menurut Tatik Widowati, langkah itu diharapkan dapat menghubungkan hasil pelatihan bersama PPLH dengan desain yang hendak dibangun oleh SMP Taruna Jaya I Surabaya. Dengan demikian, apa-apa yang diperoleh selama dua hari bersama PPLH, dapat segera diterapkan untuk memenuhi kebutuhan sekolah.

"Di sana, kami belajar tentang bagaimana strategi untuk mengatasi masalah banjir, jika musim hujan tiba," terang Tatik Widowati. Hal ini sejalan dengan rencana pembuatan sumur resapan dan biopori yang tengah digagas oleh SMP Taruna Jaya I Surabaya. Melalui pelatihan tersebut, kedua guru PLH mempelajari cara pembuatan sumur resapan dan pembuatan biopori yang efektif dan efisien.

Selain itu, kedua guru PLH juga belajar tentang cara pembuatan mol. "Mol ini nanti yang akan kita gunakan untuk bahan pembuatan kompos dan penambahan ide untuk disemprotkan ke kamar mandi siswa yang selama ini dikenal berbau tak sedap. Itu agar nanti bisa terurai oleh bakteri pada mol tersebut," imbuh Tatik Widowati.

Berikutnya, para guru juga mendapat materi tentang penghijauan. Dikatakan oleh Tatik Widowati, bahwa melalui pelajaran PLH, pihaknya berencana untuk menghijaukan SMP Taruna Jaya I Surabaya. Berbekal hasil pelatihan bersama PPLH, guru PLH antara lain berencana untuk menanam aneka tanaman toga, sayuran dan buah, yang pada akhirnya, akan dapat dikembangkan secara terintegrasi melalui lingkungan sekolah.

"Foto-foto di PPLH nanti juga bisa kita jadikan bahan pembelajaran di kelas. Setelah kami pulang nanti, segera akan kami tuangkan dalam sebuah rencana kerja PLH untuk tahun 2013-2014, sebagai bahan yang akan melengkapi paparan yang telah kami sampaikan sebelumnya," ujar Tatik Widowati. Secara terpisah, kedua guru PLH juga menyadari, bahwa untuk merealisasikannya, mereka memerlukan dukungan dari semua pihak.

Untuk itu, kedua guru PLH menyatakan permohonan bantuan kepada seluruh elemen pendukung di lingkungan SMP Taruna Jaya I Surabaya, agar bersedia membantu pelaksanaan beberapa program yang hendak dijalankan nanti. "Ini demi terwujudnya Taruna Hijau," demikian tukas Tatik Widowati, S.Si.  (*)

Humas SMP Taruna Jaya I, 14-10-2013

  1. Sambang Kampung membuat batik sibori
  2. SMP Taruna Jaya I Sekolah Prestasi
  3. Pendidikan era 4.0
  4. Ingin Optimalkan Alat Peraga, SMP Taruna Jaya Kunjungi PT Wardhana
  5. QUANTUM KELAS
  6. SMP Taruna Jaya Gelar Workshop Pembuatan Soal Ujian Online
  7. SMP Taruna Jaya Nyatakan Siap Songsong Tahun 2019
  8. Perkuat Visi Sekolah, Kepala Sekolah Ajak Galang Kebersamaan
  9. Kepala Sekolah, Sampaikan Sasaran Mutu 2019
  10. USBN SMP Taruna Jaya I
  1. Goodbye, Sekolah (Swasta) Murah!
  2. Kenali dan Selamatkan Siswa dari Narkoba
  3. Surono Danu dan Kelahiran Buah Pikiran
  4. Prestasi dan Budaya Organisasi Sekolah
  5. Sekolah yang Ramah dan Bersahabat
  6. Work Party di Kebun Sekolah
  7. Bosan Menjadi Guru?
  8. Environmental Education Berkemerdekaan
  9. Mengapa Memilih Sekolah Swasta?
  10. Guru Terbaik dengan Hasil Karya Yang Bermanfaat
  1. Lowongan untuk tenaga pegawai dan guru baru
  2. Lowongan Tenaga Administrasi
  3. Lowongan untuk tenaga staf admin dan pegawai koperasi
  4. Lowongan untuk tenaga guru baru
  5. pengumuman guru olah raga